Breaking News:

Surat Al Quran

Bacaan Lengkap Surat Al Fatihah 7 Ayat Bahasa Arab Tulisan Latin Beserta Artinya (VIDEO)

Surat Al Fatihah ini diturunkan di Mekah, Seseorang yang membaca surah Al-Fatihah untuk orang yang meninggal biasanya mengajukan permohonan

TRIBUNPEKANBARU.COM -Surat Al-Fatihah menjadi surat paling awal saat kita hendak membuka Alquran. Bahkan Al-Fatihah selalu dibaca sebelum dan sesudah melakukan segala sesuatu.

Rasulullah juga mengatakan bahwa seseorang yang tidak membaca surat Al-Fatihah saat menjalankan salat dikatakan tidak sah, karena surat Al-Fatihah memiliki peranan yang sangat penting.

Surat Al Fatihah ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat.

Seseorang yang membaca surah Al-Fatihah untuk orang yang meninggal biasanya mengajukan permohonan pengampunan dan ganjaran bagi orang yang didoakan.

Surat Al Fatihah diyakini memiliki sejumlah keutamaan, khususnya jika dikirimkan untuk orang yang sudah meninggal.

Keutamaan Surat Al Fatihah

M Quraish Shihab, melalui laman Alifmagz, menjawab pertanyaan netizen terkait dasar bagi seseorang mengirim bacaan Surat Al Fatihah untuk orang meninggal.

“Apa yang menjadi dasar bagi seseorang mengirim bacaan surah Al-Fatihah untuk orang yang sudah meninggal, sementara kita tahu bahwa surah Al-Fatihah dibutuhkan oleh orang yang masih hidup? Bukankah membaca surah Al-Fatihah dan surah-surah lainnya merupakan ibadah dan ibadah hanya diperlukan oleh orang yang masih hidup?” demikian pertanyaan netizen di situs alifmagz.com

Berikut jawaban Quraish Shihab:

“Imam Bukhari meriwayatkan sebuah peristiwa yang diceritakan dan dialami oleh sahabat Nabi, Abu Sa’id Al-Khudri. Singkat cerita, sekelompok sahabat Nabi saw. berkunjung ke sebuah perkampungan dan menemukan pemuka kampung itu sedang luka parah. Salah seorang di antara sahabat Nabi membacakan surah Al-Fatihah. Yang bersangkutan merasakan kesembuhan dan sekelompok sahabat Nabi itu pun diberi “upah berupa tiga puluh ekor kambing dan disuguhi susu.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Ridho
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved