Asap Karhutla di Riau

Bantu Tanggulangi Karhutla Riau, 200 Pasukan Kostrad Dijadwalkan Tiba di Pekanbaru Senin Besok

200 pasukan Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) untuk membantu penanggulangan karhutla di Riau dijadwalkan tiba Senin Besok

Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Personil TNI sedang melakukan pemadaman Karhutla di Rupat, Bengkalis, Riau. 

200 Pasukan Kostrad dari Mabes TNI Dijadwalkan Tiba di Pekanbaru Senin Besok

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bantuan 200 pasukan Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) untuk membantu penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan ( karhutla ) yang semula dijadwalkan, Jumat (6/3/2020) dipastikan diundur.

Dijadwalkan 200 personil Kostrad tersebut akan tiba di Pekanbaru, Senin (9/3/2020) besok.

"Belum, insyallah hari senin," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Edwar Sanger, Jumat (6/3/2020) saat dikonfirmasi terkait jadwal kedatangan 200 personil Kostrad ke Riau.

Sejauh ini pemerintah pusat sudah mengirimkan dua helikopter untuk waterbombing dan patroli ke Riau. Dua heli bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini dikirim ke Riau untuk memperkuat satgas udara dalam melakukan penanggulangan dan pencegahan karhutla di Riau.

"Dua heli bantuan dari KLHK dan BNPB jenis sama Bell 412. Dua-duanya sudah sampai di Pekanbaru," kata Edwar.

Sementara untuk pesawat untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) hingga saat ini belum sampai di Pekanbaru. Jika tidak ada kendala pesawat untuk TMC akan tiba di Pekanbaru, Senin besok bersamaan dengan 200 pasukan Kostrad dari Mabes TNI.

"TMC dipresidki hari senin baru sampai. Jenis pesawatnya kalau tidak Cassa biasanya CN 235 milik TNI AU," ujarnya.

Edwar mengungkapkan kondisi dilapangan saat ini sejumlah titik Karhutla sudah padam. Hujan lebat yang hampir merata turun di semua wilayah di Riau cukup membantu dalam proses pemadaman Karhutla di Riau.

"Allhamdulilah hujan semalam cukup membantu proses pemadaman, karena hujanya kan meraka di semua wilayah di Riau. Sudah banyak yang padam, paling tinggal pendinginan saja," katanya.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved