Dumai

NEWS VIDEO: Kejari Dumai Musnahkan Barang Bukti dari 49 Perkara

Terlihat, BB Na‎rkoba berupa Sabu-Sabu, dan Pil Ekstasi‎ dimusnahkan dengan cara di belender kemudian dimasukan air selanjutnya dibuang di got,

TRIBUNPEKANBARU.COM, TRIBUN-

Kejaksaan Negeri Dumai, melakukan pemusnahan barang bukti (BB)  perkara tindak pidana umum (Pidum), yang telah berkekuatan hukum tetap (Inkracht), tahun 2020, pada Kamis (5/3/2020). 

Pemusnahan BB pidum yang telah Inkracht ‎tersebut, langsung dipimpin oleh Kepala kejaksaan (Kajari) Dumai, Khairul Anwar, didampingi Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, serta Humas PN Dumai, Abdul Wahab, dan Kasi BB Dumai, Simanjuntak, serta Kasat Reskrim Polres Dumai, AKP Dany Andhika. 

‎Pemusnahan BB dari 49 Perkara yang telah Inkracht yang dilaksanakan dihalaman Kantor Kejari Dumai, terdiri dari BB Narkoba berupa Sabu-Sabu, Pil Ekstasi, peralatan hisap sabu HP, gunting, cangkul, kampak , parang, dan lain sebagainya. 

Terlihat, BB Narkoba berupa Sabu-Sabu, dan  Pil Ekstasi‎ dimusnahkan dengan cara di belender kemudian dimasukan air selanjutnya dibuang di got, sedangan BB lainya ada yang dibakar, dan dipotong-potong menggunakan alat. 

Setelah melakukan pemusnahan, Kajari Dumai, Khairul Anwar ‎mengungkapkan, pemusnahan barang bukti itu dari  49 perkara pidum yang telah  
Inkracht selama 2020. 

"Barang buktinya itu ada senjata tajam seperti golok, hp, Sabu-sabu berjumlah 170 gram lebih, kemudian ekstasi serbuk 140 gram, sedangkan pil ekstasi ada 300 butir,  dan ada juga uang palsu dan lainnya, yang telah Inkracht," katanya, Kamis. 

Ia menambahakan, pemusnahan ‎dilakukan dengan cara di larutkan di dalam blender yang berisi air untuk narkoba, dibakar untuk BB yang bisa dibakar, dan dipotong untuk BB sajam. 

Khairul Anwar menerangkan, tujuan pemusnahan ini, untuk menghindari penyalahgunaan apalagi ada BB Narkoba, jadi seluruh barang bukti yang telah memiliki hukum tetap, dan pengadilan memutuskan untuk dimusnahkan maka dimusnahkan. 

"Jadi pemusnahan ini juga memiliki tujuan untuk menghindari penyalahgunaan BB. Rencananya kita akan melakukan pemusnahan sertiap triwulan ‎atau tiga bulan sekali," imbuhnya. 

Sementara, wakil walikota Dumai, Eko Suharjo yang juga menyaksikan pemusnahan BB yang telah Inkracht mengucapkan terima kasih kepada pihak kejaksaan yang telah memusnahakan BB dari tindak pidana di kota Dumai. 

"‎Mari kita dukung dan bantu penegak hukum yang ada di kota Dumai, dalam menekan angka tindak kejahatan yang ada di kota Dumai," pungkasnya.

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved