Advertorial

Perdana, Pertamina RU II Gelar Lomba Ketangkasan Pemadaman Kebakaran Se-Provinsi Riau

PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II gelar omba ketangkasan pemadaman kebakaran berjudul "Pertamina RU II Fire Fighter Combat Challenge".

Perdana, Pertamina RU II Gelar Lomba Ketangkasan Pemadaman Kebakaran Se-Provinsi Riau
istimewa
Pertamina RU II Gelar Lomba Ketangkasan Pemadaman Kebakaran Se-Provinsi Riau 

DUMAI - Meriahkan Peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Tahun 2020, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II selenggarakan lomba ketangkasan pemadaman kebakaran berjudul "Pertamina RU II Fire Fighter Combat Challenge".

Diikuti oleh instansi dan perusahaan se provinsi Riau, kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Dumai yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dumai Herdi Salioso dan Pjs.

General Manager Pertamina RU II Permono Avianto, Minggu (23/2/2020) di Lapangan Bapor Pertamina RU II, Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan.

Ditemui di sela kegiatan, Pjs. GM Pertamina RU II Permono Avianto menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan selain dalam memperingati Bulan K3 2020, juga digelar untuk memberikan wadah bagi para pemadam kebakaran yang berada di Provinsi Riau untuk mengasah kemampuan diri.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan terjalin silaturahmi antar profesional di bidang pemadaman kebakaran Provinsi Riau sebagai salah satu lokasi di Indonesia yang kerap terjadi kebakaran.

"Alhamdulillah kegiatan Fire Fighter Combat Challenge 2020 yang pertama ini dapat terlaksana. Selain sebagai momen silaturahmi harapannya dapat tercipta sinergi yang baik antar pemadam kebakaran tentunya dalam menjaga Provinsi Riau dari bahaya kebakaran", ungkap Permono.

Permono kemudian menjelaskan setelah melewati tahap pendaftaran akhirnya terkumpul 14 peserta yang terdiri dari Dinas Pemadaman Kebakaran, perusahaan BUMN hingga perusahaan swasta.

Ke-14 peserta harus beradu cepat dalam melewati 8 tahapan tantangan yang tidak hanya menguji kekuatan fisik namun juga berupaya mengukur ketangkasan peserta dalam menjalankan tugas di bawah tekanan serta hitungan waktu.

Tantangan yang harus dilewati antara lain menggelar dan menggulung selang, menggunakan alat pelindung diri, mengangkat korban dan tentunya simulasi pemadaman api.

"Sebagai profesional di bidang pemadaman kebakaran sudah menjadi keharusan bagi para fireman untuk memiliki kekuatan fisik dan kesiapan mental. Lomba ini menjadi salah satu latihan untuk mengasah kemampuan-kemampuan tersebut", jelas Permono.

Ditemui pada kesempatan yang sama Sekda Kota Dumai Herdi Salioso menyatakan apresiasi kepada pihak Pertamina yang telah menginisiasi program ini. Sebagai daerah yang rawan kebakaran, kegiatan ini dinilai sangat positif untuk meningkatkan kapasitas para pemadam kebakaran di Provinsi Riau.

Ia berharap agar kegiatan ini dapat terus dijalankan pada tahun mendatang dengan jumlah peserta yang lebih banyak sehingga perlombaan dapat berlangsung dengan lebih semarak.

"Saya ucapkan selamat bertanding kepada para peserta. Semoga melalui lomba ini dapat mewujudkan budaya dan perilaku yang mengutamakan aspek keselamatan, khususnya dalam menghadapi kejadian kebakaran", kata Herdi.

Setelah melewati rangkaian lomba jatuh sebagai pemenang Juara 1 Tim Damkar dari PT Pelita Air Service, Juara 2 PT Pelindo 1 Cabang Dumai, Juara 3 PT Patra SK, Juara Harapan 1 PT Pertamina Patra Niaga, Juara Harapan 2 PT Indah Kiat Pulp & Paper dan Juara Harapan 3 PT Angkasa Pura II Cabang Bandara SSK II Pekanbaru. (*)

Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved