PSSI Sebut Stadion GBK Jakarta Paling Siap Gelar Pertandingan Piala Dunia U-20

PSSI memeriksa kesiapan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), dan ingin stadion tersebut menjadi tempat pembukaan Piala Dunia U-20 Tahun 2021.

tribunnews
Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta 

tribunpekanbaru.com - Ketua PSSI Mochamad Iriawan, kembali memeriksa stadion calon penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun depan. Pada Jumat (6/3), dia mendatangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta.

Dalam kunjungan itu, Iriawan didampingi kepala unit PPKGBK Mulyani dan pengurus PSSI lainnya. Dia bekeliling stadion itu untuk melihat apa saja kekurangan yang mesti diperbaiki. Hasilnya, dia menilai belum ada ruangan penyiaran. Padahal itu syarat wajib dari FIFA untuk setiap stadion yang menggelar pertandingan Piala Dunia U-20.

"Kemudian water heater ruangan, secara kecil saja. Rumput lapangan mungkin juga akan diperbaiki sehingga mungkin ini salah satu yang paling lengkap daripada stadion lainnya," kata Iriawan di sela kunjungan.

Pria 57 tahun tersebut melanjutkan, SUGBK merupakan tempat yang paling siap menggelar laga Piala Dunia U-20. Fasilitas penunjangnya juga lengkap seperti lapangan latihan dan akses transportasi.

FIFA mewajibkan setiap stadion yang menggelar Piala Dunia minimal punya lima lapangan sebagai lokasi latihan tim kontestan. Bila tidak ada tempat tersebut, maka tidak bisa menggelar pertandingan Piala Dunia U-20.

"Nanti akan kami masukkan dalam pilihan kami untuk kami diskusikan dengan tim FIFA, dan kami laporkan ke pemerintah terkait hal yang perlu ditambahkan baik di dalam maupun sekitar stadion," ujarnya dikutip goal.

Iriawan juga menginginkan SUGBK menjadi lokasi pembukaan Piala Dunia U-20 2021. Menurutnya, tempat tersebut paling cocok dari stadion lainnya. Apalagi, SUGBK punya kapasitas besar yaitu 88.000 penonton, dan bahkan sudah ditetapkan sebagai cagar budaya Indonesia.

"Atmosfernya luar biasa. Ini stadion monumental, legendaris, dan memiliki warisan sejarah. Mudah-mudahan bisa di sini timnas Indonesia bermain," kata Iriawan.

Namun Iriawan sadar bahwa keputusan nantinya akan berada di tangan FIFA. Hanya saja, PSSI sudah siap memberikan gambaran tentang kesiapan Stadion GBK.

Sebelumnya, PSSI juga sudah mendatangi tiga stadion calon tuan rumah lainnya, yaitu Stadion Pakansari, Stadion Patriot Candrabhaga, dan Stadion Wibawa Mukti.

Rencananya, Iriawan bakal terbang ke Bali akhir pekan ini untuk melihat kesiapan Stadion I Wayan Dipta di Gianyar. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved