Breaking News:

Asap Karhutla di Riau

Tanggulangi Karhutla di Riau, Tim Teknologi Midifikasi Cuaca Didatangkan, Ini yang Akan Dilakukan

Tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) , dijadwalkan tiba pada Senin (6/3/2020) mendatang di Pekanbaru, Riau.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Petugas sedang memasukkan garam kedalam konsul garam untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Pangakalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa (24/9/2019). (Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). 

Tanggulangi Karhutla di Riau, Tim Teknologi Midifikasi Cuaca Didatangkan, Bantu Lakukan Skema Hujan Buatan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) , dijadwalkan tiba pada Senin (6/3/2020) mendatang di Pekanbaru, Riau.

Tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ini akan membantu untuk melakukan skema hujan buatan di Bumi Lancang Kuning.

Hal ini menjadi bagian dalam langkah penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang mulai terjadi di sejumlah daerah di Riau sejak awal tahun 2020.

Pengiriman tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ke Riau, juga sesuai arahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, saat berkunjung ke Pekanbaru bersama Kapolri Jenderal Idham Azis, dalam rangka menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan jajaran Forkopimda Riau, terkait penanganan Karhutla, beberapa waktu lalu.

Hadi mengungkapkan, dirinya sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo, terkait dengan pengiriman tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) tersebut.

Menurut Hadi, hujan buatan nantinya bisa membantu untuk mengisi embung yang sudah kosong.

"Bahkan kalau kita sempat menormalisasi embung dan kanal, tentu ke depan akan mudah untuk membasahi gambut," ucap Hadi kala itu di Balai Serindit, Gedung Daerah Riau.

Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, melalui Kadisops Kolonel Pnb Jajang Setiawan, saat dikonfirmasi, membenarkan perihal adanya rencana kedatangan tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ke Riau.

"Senin rencananya," sebut Jajang, Jumat (6/3/2020).

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved