Pelalawan

Diskes Pelalawan Riau Pastikan Suspect Virus Corona Masih Nihil

Diskes Kabupaten Pelalawan Riau memastikan belum ada warga atau pasien yang menjadi suspect Virus Corona di Pelalawan

Diskes Pelalawan Riau Pastikan Suspect Virus Corona Masih Nihil
istimewa
Tim medis siaga di ruang isolasi antisipasi virus corona di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. 

Diskes Pelalawan Riau Pastikan Suspect Virus Corona Masih Nihil

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan Riau memastikan belum ada warga atau pasien yang menjadi suspect Virus Corona di Pelalawan hingga Rabu (11/3/2020).

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci, belum ada indikasi ke arah Virus Corona.

Pihaknya fokus kepada warga yang pernah keluar negeri atau memiliki riwayat perjalanan ke negara lain maupun melakukan kontak langsung dengan Warga Negara Asing (WNA).

Jadwal Pemadaman Listrik di Rengat Tanggal 11 Maret 2020

"Sampai saat ini hasilnya masih negatif. Belum ada temuan indikasi Virus Corona di Pelalawan," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Rabu (11/3/2020).

Asril menjelaskan, Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dibentuk terdiri dari dokter spesialis paru-paru dan tenaga medis lainnya terus melakukan pengecekan.

Selain itu, koordinasi dengan perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) juga dijalin untuk memantau para TKA yang baru datang atau pulang dari negeri asalnya.

Asril mengakui pihaknya belum memiliki alat Thermal Scanner atau pengukur suhu tubuh yang menggunakan infrared. Pengukur panas tubuh yang simpel dan digenggam itu dinilai belum diperlukan.

Termasuk pendirian posko kesehatan khusus corona serta pembagian masker kepada masyarakat. Diskes kuatir jika hal tersebut dilakukan akan meningkatkan kecemasan dan keresahan bagi warga.

Pengelola Teken Penyataan di Kantor Satpol PP Pelalawan Riau, Gelper E-Zone Sorek Kembali Beroperasi

"Kita tak mau nantinya menciptakan ketakutan bagi warga. Pengukus suhu tubuh masih bisa thermoter, masker kita punya banyak stok di gudang. Tapi itu belum perlu saat ini," tukasnya.

Direktur RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, dr Khairul Amri, menimpali jika warga yang terindikasi Virus Corona belum ditemukan sampai saat ini.

Ruangan isolasi yang telah disiapkan bulan lalu masih disiagakan dengan dijag tim dokter spesialis serta perawat.

Link Live Streaming TV Online MNCTV Piala AFC Ceres Negros vs Bali United Pukul 18.00 WIB

Live Streaming TVRI All England, Marcus/Kevin, Jonatan Christie, Anthony Ginting Main

"Ruangan isolasi gunanya hanya untuk observasi saja. Jika positif, langsung dirujuk ke Pekanbaru," tandas dr Khairul.

Petugas di ruangan isolasi dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar kesehatan. Peralatan itu merupakan bantuan dari pemerintah provinsi Riau maupun pusat. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved