Karhutla di Riau

Perkara Karhutla yang Ditangani Polres Pelalawan Riau Masih Nihil, Kapolres : Jangan Bakar Lahan

Hingga pekan kedua Bulan Maret 2020 ini, perkara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ditangani Polres Pelalawan Riau serta jajaran polsek masih

Tribun Pekanbaru/Teddy Tarigan
Perkara Karhutla yang Ditangani Polres Pelalawan Riau Masih Nihil, Kapolres Hasym: Jangan Bakar Lahan. Api Tak Kunjung Padam dalam Karhutla di Riau 2020, Tim Gabungan LEBIH Sepekan Lakukan Pemadaman 

Perkara Karhutla yang Ditangani Polres Pelalawan Riau Masih Nihil, Kapolres Hasym: Jangan Bakar Lahan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Hingga pekan kedua Bulan Maret 2020 ini, perkara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ditangani Polres Pelalawan Riau serta jajaran polsek masih nihil.

Belum ada pelaku pembakar lahan maupun tersangka yang ditangkap oleh polisi.

Pasalnya kejadian Karhutla di Pelalawan masih minim dibandingkan beberapa daerah di wilayah Provinsi Riau.

Titik api yang muncul langsung bisa dipadamkan oleh tim gabungan yang telah dibentuk.

"Untuk perkara dan tersangka yang ditangani belum ada. Tapi ada beberapa lokasi Karhutla yang dalam penyelidikan kita," tutur Kapolres Pelalawan, AKBP M Hasym Risahondua SIK, kepada tribunpekanbaru.com, Jumat (13/3/2020).

Kapolres Hasym menyebutkan, peristiwa Karhutla dalam dua bulan terakhir terjadi di Kecamatan Kerumutan dan Desa Pulau Kecamatan Teluk Meranti.

Api yang muncul tidak berlangsung lama dan bisa dipadamkan oleh tim gabungan yang terjun ke lokasi. Karhutla yang ada di Desa Pulau Muda cukup luas mencapai 50 hektar lebih.

Lahan itu merupakan tanah gambut miluk masyarakat yang tidak diolah atau lahan tidur.

Hasym memastikan pihaknya bersmaa seluruh instansi terkait selalui mensosialisasikan kepada masyarakat maupun perusahaan agar menjaga lahannya masing-masing dari kebakaran.

Maklumat maupun imbauan berupa spanduk juga telah dipasang untuk mengingatkan para pemilik lahan supaya tidak melakukan pembakaran dalam membuka lahan.

"Jangan sampai ada yang membakar, akan kami tindak tegas. Memang belakangan ini Karhutla masih bisa ditekan, dibantu juga dengan hujan yang turun," tambah Hasym.

Mantan Kapolres Rokan Hulu ini menyampaikan jika Karhutla merupakan masalah bersama yang harus ditangani dan diantisipasi oleh seluruh elemen masyarakat maupun instansi pemerintah dan swasta.

Tahun ini akan diupayakan nihil asap dan api di Pelalawan.

Karhutla di Riau - Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung.

Penulis: johanes
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved