Breaking News:

Siaga Corona di Riau

Antisipasi Penularan Covid-19, ASN Pemprov Riau Dilarang Lakukan Perjalanan Dinas ke Luar Negeri

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengintruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ilham Yafiz
Freepik via Intisari
IlustrasiVirus Corona 

Antisipasi Penularan Covd-19, ASN Pemprov Riau Dilarang Lakukan Perjalanan Dinas ke Luar Negeri

TRIBUNPEKANBARU.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengintruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk menunda perjalanan dinasnya ke luar negeri.

Penundaan perjalanan dinas tersebut sebagai langkah antisipasi penularan virus corona atau Covid-19 yang sedah ke sejumlah negara, termasuk Indonesia.

"Sesuai arahan dari Mendagri, Bapak Gubernur mengintruksikan agar seluruh tugas ke luar negeri ditunda," kata Wira Haryoko Plt Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Riau, Minggu (15/3/2020).

Sesuai arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 440/2400/SJ disebutkan, bahwa berkenan dengan wabah virus corona (COVID-19) yang melanda berbagai negara, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus Corona (COVID-19) sebagai pandemi.

Sehubungan dengan hal tersebut, jika tidak sangat, urgent sekali dimohon kepada Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, Ketua dan anggota DPRD Provinsi, Ketua dan anggota DPRD Kabupaten/Kota beserta Pejabat di daerah, agar menunda pelaksanaan perjalanan ke luar negeri untuk menghindari terpapar virus corona (COVID-19).

Gubernur Riau, Syamsuar, telah membuat beberapa langkah strategis untuk mengantisipasi virus corona di Riau.

Di antaranya, menyurati pemerintah kabupaten dan kota se-Riau agar pertemuan khalayak ramai dibatasi, termasuk kegiatan Car Free Day setiap Ahad.

"Gubernur Riau melalui Sekdaprov Riau sudah memerintahkan kepada Walikota Pekanbaru untuk menghentikan sementara kegiatan Car Free Day dan pertemuan khalayak ramai dibatasi," kata Asisten I Sekdaprov Riau, H Ahmad Syah Harrofie.

Selain itu, Gubernur Riau juga sudah memutuskan bahwa kegiatan apel dan senam di kantor pemerintahan ditiadakan sementara.

"Apel pagi dan senam di kantor pemerintahan daerah juga kita tiadakan. Arahan ini sudah disampaikan kapada kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemprov Riau dan juga kepada bupati dan walikota," ujarnya.

Selain itu, Gubernur Riau telah membentuk Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Riau yang diketuai Sekdaprov dan ketua harian Kepala BPBD Riau.

"Insya Allah, Senin besok kita akan rapat bersama para bupati dan walikota untuk membahas penanganan virus corona ini," kata Ahmad Syah.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved