Siaga Virus Corona di Riau

Dinkes Pekanbaru Sterilisasi MPP, Cairan Disinfektan Disemprotkan Antisipasi Virus Corona, Covid-19

Petugas Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyemprotkan Disinfektan ke seluruh pojok Mal Pelayanan Publik (MPP).

Dinkes Pekanbaru Sterilisasi MPP, Cairan Disinfektan Disemprotkan Antisipasi Virus Corona, Covid-19
Tribunpekanbaru.com
Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Dinas Kesehatan Pekanbaru Semprotkan Disinfektan di MPP 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Petugas Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyemprotkan Disinfektan ke seluruh pojok Mal Pelayanan Publik (MPP).

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan guna sterilisasi MPP sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona, Covid-19.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, M Jamil, Senin (16/3/2020) mengatakan kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Walikota Pekanbaru untuk melakukan sterilisasi di sejumlah kantor pemerintah.

“Di Mal Pelayanan Publik (MPP) pagi ini kita sudah lakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menyemprotkan disinfektan, ini dalam rangka agar bagaimana lingkungan bisa terjaga, bisa steril semuanya sehingga masyarakat yang datang ke MPP dan juga kami yang menjadi pelayan di sini bisa nyaman sehingga semuanya bisa terkendali dengan baik,” kata Jamil.

Menurutnya, DPMPTSP kini telah memiliki sistem pelayanan online sehingga masyarakat saat ini tidak perlu lagi keluar rumah.

“nah ini artinya masyarakat tidak perlu lagi datang ke MPP mereka bisa juga menggunanakan layanan online,” kata Jamil.

Sebelumnya, sesuai arahan Walikota Pekanbaru Firdaus, guna mengantisipasi mewabahnya Virus Corona di Pekanbaru, ia menginstruksikan jajaran Pemerintah Kota, forkopimda kota agar berkoordinasi dengan pemerintah provinsi serta kementerian lembaga teknis yang ada di Kota Pekanbaru untuk melakukan berbagai langkah.

Diantaranya adalah membentuk tim aksi cepat tanggap.

“Kepada dinas kesehatan untuk mensiagakan RS rujukan, Rumah Sakit Madani dan seluruh Puskesmas serta berkoordinasi dengan rumah sakit swasta dan RS rujukan di Provinsi Riau,” kata Firdaus.

Ia juga menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan mulai tanggal 16-30 Maret 2020 dapat mengalihkan sistem belajar dari tatap muka di dalam kelas beralih ke e-learning yang dapat dilakukan di rumah.

“Kepada seluruh masyarakat dihimbau untuk tidak panik menghadapi situasi ini dan tetap menjaga hidup bersih dan sehat agar selalu kuat,” tambah Firdaus.

Selain itu, Firdaus juga menginstruksikan instansi terkait agar melakukan sterilisasi tempat pelanan umum, terutama di Mal Pelayanan Publik dan juga pelayan umum kependudukan dan pencatatan sipil serta Mesjid Agung Ar rahman.

“Kepada masyarakat kami menghimbau hindari berada di tempat-tempat keramaian dan bersentuhan langsung dengan orang lain. Cucilah tangan sebelum dan sesudah beraktifitas di tempat umum,” katanya seraya berpesan agar masyarakat dapat menggunakan nomor kontak kecemasan 112 jika membutuhkan bantuan.

( Tribunpekanbaru.com / Theo Rizky )

Penulis: Theo Rizky
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved