50 UMKM dan Pelaku Usaha Ekspor Ikuti Pelatihan HACCP di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau

Sebanyak 50 UMKM dan pelaku usaha ekspor ikan di Riau pada Senin (16/3/2020) ikuti pelatihan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP)

Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
50 UMKM dan Pelaku Usaha Ekspor Ikuti Pelatihan HACCP di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau 

50 UMKM dan Pelaku Usaha Ekspor Ikuti Pelatihan HACCP di BI

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 50 UMKM dan pelaku usaha ekspor ikan di Riau pada Senin (16/3/2020) ikuti pelatihan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Pelatihan itu ditaja langsung oleh KPw BI Riau bersama Kementrian Perikanan RI dan Pemprov Riau.

Pelatihan itu tujuannya agar pelaku usaha memiliki sertifikat mutu, karena sertifikat mutu itu menjadi legalitas dan prasyarat bagi eksportir.

Apalagi saat ini Negara importir mensyaratkan bagi eksportir untuk memiliki sertifikat HACCP di legalitas productnya.

Menurut Deputy Bank Indonesia Kpw Riau, Teguh Setiadi, sektor perikanan khususnya budidaya ikan air tawar, air payau dan ikan tangkap merupakan salah satu sektor alternatif pertumbuhan ekonomi Riau yang semakin berkembang.

Hal tersebut terlihat dari total hasil perikanan tangkap dan budidaya yang melebihi 259 ribu ton per tahun dan berpotensi untuk terus meningkat. 

"Salah satu tantangan yang dihadapi dalam pengembangan sektor ini adalah masih rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai proses produksi hingga pengolahan pasca panen yang mengakibatkan tertinggalnya daya saing produk komoditas perikanan Riau dibandingkan daerah dan/atau negara lain," ujar Tegus Setiadi kepada Wartawan, Senin (16/3).

Selain itu tambah Teguh, produk-produk komoditas perikanan Riau secara umum belum memiliki sertifikasi yang dibutuhkan pasar ekspor, antara lain sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) yang menunjukkan standar mutu komoditas perikanan. 

"Oleh sebab itu, pelatihan HACCP dasar di Ruang Rapat Coordination and Teamwork Gedung A Lantai 2 Bank Indonesia ini kita lakukan sampai tanggal 19 Maret mendatang," ucapnya.. 

Halaman
12
Penulis: Rino Syahril
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved