Belum Mandiri Pangan, 65 Persen Pasokan Beras di Riau Bergantung dari Provinsi Tetangga

Provinsi Riau masih bergantung kepada provinsi penyuplai beras, hingga mencapai 65 persen.

Dokumentasi KOMPAS
Ilustrasi Padi 

Belum Mandiri Pangan, 65 Persen Pasokan Beras di Riau Bergantung dari Provinsi Tetangga

TRIBUNPEKANBARU.COM - Provinsi Riau masih bergantung kepada provinsi penyuplai beras, hingga mencapai 65 persen.

Untuk menutupi kekurangan beras tersebut, Gubernur Riau (Gubri)  Syamsuar, menegaskan kepada Dinas Pertanian untuk meningkatkan sentra padi, seperti yang telah dijalankan beberapa kabupaten di Riau.

“Saat ini kita masih kekurang beras, sekarang yang baru terpenuhi beras dari Riau itu baru 35 persen. Dan selebihnya 65 persen beras kita itu dari Sumatera Barat dan Sumatra Utara. Kalau tidak ada dukungan dari dua daerah ini kita kekurangan beras,” kata Gubri, Senin (16/3/2020) usai mengadakan rapat dengan Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian.

“Kita harus fokuskan peningkatan pertanian dan bisa lebih baik lagi pada tahun 2020 ini, agar tidak mempengaruhi inflasi. Padi bisa panen dua kali dalam setahun, tidak hanya padi tapi tanaman-tanaman lainnya yang bisa di espor dan mempunyai nilai,” tambahnya.

Selain peningkatan tanaman padi dan tanaman lainnya di wilayah Riau, Gubri juga akan meningkatkan pendapatan di sektor kelautan.

Saat ini Riau tidak lagi hanya terfokus pada migas dan sawit saja. Namun sektor perikanan akan menjadi pendapatan yang lebih besar, mengingat wilayah Riau merupakan wilayah pesisir.

“Kita harus fokus lagi, tidak hanya sawit dan migas, tapi pertanin, perikanan ditingkatkan. Saya sudah sampaikan ke dinas perikanan, ada kabupaten yang ditetapkan sebagai sentra perikanan dan pertanian, dan kita bisa lebih baik 2020 ini,” kata Syamsuar.

Sementara itu, Plt Dinas Pertanian dan Perkebunan, Herman, menjelaskan sesuai dengan arahan Gubernur Riau, pihaknya akan langsung bergerak untuk melaksanakan sentra padi di Riau.

Seperti yang telah dijalankan di Kabupaten Siak dan kabupaten lainnya.

“Seperti yang disampaikan oleh Gubernur, Riau akan bisa menjadi sentra padi, di Siak bisa dilaksanakan, begitu juga di daerah lainnya. Kita memiliki lahan yang cukup luas untuk menjalankan program seperti yang diharapkan gubernur,” katanya.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono )

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved