PSPS Riau Liga 2

NEWS VIDEO: Raja Isa Terapkan Pola Permainan Berubah-ubah di PSPS Riau

Konsistensi permainan PSPS Riau sejak putaran dua Liga 2 musim 2019 hingga Liga 2020, terus mengalami perkembangan yang signifikan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Konsistensi permainan PSPS Riau sejak putaran dua Liga 2 musim 2019 hingga Liga 2020, terus mengalami perkembangan yang signifikan. Ini tidak terlepas dari racikan sang juru taktik Raja Isa, yang dibantu asistennya Raja Faisal.

Grafik peningkatan, setelah ditukangi Raja Isa sejak putaran dua musim lalu sampai sekarang, PSPS berhasil menang hampir di setiap laga.

Terakhir, laga perdana kandang di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai Pekanbaru, Minggu (15/3/2020) lalu, Askar Bertuah menang telak 3-0, atas tamunya Semen Padang. Dua gol disematkan Fani Aulia, serta satu gol dipersembahkan Yudhi Aditia.

Kemenangan ini tidak terlepas dari strategi jitu yang diterapkan, Pelatih kelahiran Selangor, Malaysia tersebut. Untuk mengakali permainan tim lawan Kabau Sirah, Raja Isa awalnya memasang pakem 5-3-2 di line up.

Pakem ini biasanya diterapkan hanya untuk bertahan. Hanya mengandalkan counter attack, baru bisa memasuki area pertahanan lawan.

Alih-alih, baru sekitar 15 menit laga mulai, formasi langsung berubah dengan pakem 4-3-3, formasi menyerang.

"Ya, pola permainan kita berubah-ubah. Makanya jangan kan tim lawan, pemain sendiri belum tahu di tempatkan di pos mana saat pertandingan," kata Pelatih Raja Isa saat berbincang dengan Tribunpekanbaru.com.

Lalu bagaimana dengan pertandingan selanjutnya? Masih adakah kejutan strategi jitu lainnya?

Raja Isa menegaskan, bahwa dirinya tak mau berkoar-koar di media soal strategi dan formasi timnya. Yang pasti, dari semua laga yang akan dilakoni di Liga 2 musim ini, dirinya hanya memikirkan untuk laga selanjutnya.

Dalam artian, dia tidak mau memikirkan terlalu jauh mengenai target bisa naik kelas musim depan ke liga 1. Logikanya, posisi PSPS yang sebelumnya di peringkat 7 mau naik ke peringkat satu atau dua, perlu tahapan.

"Jadi, hanya orang gila lah yang berbicara seperti itu. Kita dari pelatih hanya memikirkan, bagaimana di laga besok, bisa menang. Begitu juga selanjutnya," tegasnya.

Satu hal yang membuat tim PSPS musim ini bisa bermain lepas dan nyaman, sang pelatih melulu, tiap hari menerapkan semangat kekeluargaan dalam tim, dan selalu kompak dalam setiap pertandingan.

So, kita tunggu kejutan Pelatih Raja Isa untuk laga kedua PSPS nanti. Apakah ada perubahan skema permainan lagi? (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: aidil wardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved