NEWS VIDEO: Terlibat Pungli SKGR di Desa Sering, Kejari Pelalawan Riau Terungku Lurah Kerinci Timur

EA diterungku jaksa setelah menerima pelimpahan tahap dua dari penyidik Tipikor Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan

TRIBUNPEKANBARU.COM-- Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan akhirnya melakukan penahanan terhadap Lurah Kerinci Timur, EA, karena tersandung kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Selasa (17/3/2020).

EA diterungku jaksa setelah menerima pelimpahan tahap dua dari penyidik Tipikor Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan. EA ditahan setelah menjalani pemberkasan dan administrasi berita acara tahap dua bersama Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari.

EA yang mengenakan kemeja kotak-kotak merah biru dipadu celana panjang berwarna hitam, dibawa petugas kejaksaan dari ruangan Seksi Pidana Khusus (Pidsus).

Tampak EA mengenakan rompi berwana putih bertuliskan tahanan Kejari Pelalawan dan digiring ke mobil yang diparkir didepan kantor kejaksaan yang terletak di Desa Makmur, Pangkalan Kerinci.

"Kita melakukan penahanan terhadap tersangka EA selama 20 hari kedepan, untuk melengkapi berkas perkara sebelum dilimpahkan ke pengadilan," ungkap Kepala Kejari Pelalawan, Nophy Tennophero Suoth SH MH melalui Seksi Pidsus Kejari Pelalawan, Andre Antonius SH, kepada tribunpekanbaru.com.

Ia menjelaskan, pihaknya akan menyusun surat dakwaan dan pemberkasan yang dibutuhkan untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kota Pekanbaru.

Agar perkara pungli pengurusan SKGR di Desa Sering segera disidangkan dan EA mempertanggungjawabkan perbuatanny perbuatanny kursi pesakitan.

Andre menuturkan, perkara penyalahgunaan wewenang dan pemerasan dalam jabatan yang menjerat EA bukanlah saat dirinya menjabat sebagai Lurah Kerinci Timur.

Namun kasus itu timbul pada tahun 2014 lalu ketika itu EA menjabat sebagai Kasi Pemerintahan di Kantor Kecamatan Pelalawan yang membawahi Desa Sering.

"Seperti kita ketahui jika EA merupakan tersangka kedua dalam kasus ini.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: didik ahmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved