Karhutla

Pidana Karhutla, Kejari Pelalawan Susun Rentut Berkas PT SSS

Perkara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) PT Sumber Sawit Sejahterah (SSS) masih bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan Riau

istimewa
Sidang lapangan yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan di areal Hak Guna Usaha (HGU) PT Sumber Sawit Sejahterah (SSS) pada Rabu (11/3/2020) pekan lau , dalam perkara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhurla) yang menjerat PT SSS. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Perkara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) PT Sumber Sawit Sejahterah (SSS) masih bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan Riau hingga pertengahan Bulan Maret ini.

Sidang selanjutnya akan mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejari Pelalawan terhadap terdakwa korporasi PT SSS dan terdakwa perseorangan Alwi Omni Harahap.

Sidang dijadwalkan pekan depan tuntutan dari jaksa atas tindak pidana Karhutla yang terjadi di Desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti itu.

"Setelah sidang lapangan pekan lalu, kita meminta waktu dua pekan untuk menyusun rencana tuntutan," tutur JPU Kejari Pelalawan, Marthalius SH, kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (19/3/2020).

Marthalius menerangkan, penundaan selama dua pekan diminta lantaran proses Rencana Tuntutan (Rentut) secara berjenjang.

Mengingat perkara ini terkait Karhutla yang melibatkan korporasi. Sidang pembacaan tuntutan dijadwalkan Selasa (24/3/2020) pekan lalu.

Kepala Seksi Pidana Umum (Pidum) Kejari Pelalawan, Agus Kurniawan SH MH menyebutkan, saat ini pihaknya sedang menyusun Rentut.   

Pengajuannya mulai dari kejari ke Kejaksaan Tinggi (Kejari) Riau kemudian diteruskan ke Kejaksaan Agung R (Kejagung). Setelah disetujui, Rentut diturunkan secara berjenjang kembali hingga sampai ke JPU.

"Kita masih menunggu Rentut yang diusulkan dan turun dari Kejagung, sesuai petunjuk dari pimpinan," terang Agus Kurniawan.

Setelah Rentut tersebut turun barulah pihaknya membacakan di depan majelis hakim dan terdakwa.

Sebelumnya majelis hakim PN Pelalawan dan JPU serta terdakwa melakukan sidang lapangan pada pekan lalu.

Pemeriksaan Setempat (PS) dilakukan atas permintaan kuasa hukum terdakwa.

Seperti diketahui, perkara Karhutla PT SSS telah disidangkan di PN Pelalawan dengan terdakwa korporasi yang diwakili Direktur Eben Ezer Lingga dan terdakwa perseorangan Alwi Omni Harahap sebagai pelaksana tugas estate Manager.

Karhutla terjadi di areal Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan perkebunan kelapa sawit itu pada Februari 2019 lalu.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Penulis: johanes
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved