Bengkalis

Diskes Bengkalis Pastikan WNI Datang Lewat Pelabuhan BSSR Sudah Lalui Pemeriksaan Kesehatan

Ersan mengatakan, mereka yang baru tiba dari Malaysia ini diminta untuk mengisolasi diri sementara di rumah masing masing.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Virus Corona 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Dinas Kesehatan Bengkalis memastikan seluruh WNI yang pulang dari Malaysia melalui pelabuhan BSSR Selat Baru Kecamatan Bantan sudah melalui proses pemeriksaan kesehatan saat turun di dermaga.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis Ersan Saputra saat di konfirmasi tribun, Jumat (20/3/2020) siang.

Menurut dia, seluruh WNI yang masuk ini sudah dipulangkan ke rumah masing masing. Karena saat pemeriksaan di pelabuhan tidak ditemukan tanda tanda suspek corona.

Meskipun demikian, Ersan mengatakan, mereka yang baru tiba dari Malaysia ini diminta untuk mengisolasi diri sementara di rumah masing masing.

Selain itu petugas Puskesmas di daerah mereka tinggal juga akan melakukan pemantauan kesehatan mereka.

"Kita sudah minta dan sampaikan ke petugas Puskesmas, Pustu Pustu yang ada di Bengkalis, agar melakukan pemantauan kesehatan WNI yang baru pulang. Kita punya data manifes mereka yang baru datang ini," tegasnya.

Selain itu Ersan juga berharap masyarakat Bengkalis juga melakukan pemantauan sercara mandiri ditempat tinggal masing.

Jika ada mengetahui tetangga yang mengalami batuk demam dan flu dan memiliki riwayat baru pulang dari Malaysia segera di bawa berobay ke Pusat kesehatan erdekat.

Tujuannya agar petugas kesehatan bisa melakukan pemantauan kesehatan mereka.

"Kalau memang sakit harus segera berobat agar mendapat penanganan dari tim medis.

Peranan serta masyarakat sangat penting untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini. Untuk itu Dinas Kesehatan Bengkalis meminta masyarakat mengurangi aktifitas di luar rumah sementara waktu.

"Kalaupun warga akan berinteraksi kita minta sementara waktu menjaga jaraknya minimal satu meter. Selain itu jika ada yang sakit segera berobat ke pusat kesehatan terdekat agar segera mendapat penanganan dari petugas.

(tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved