ALASAN China Bantu Indonesia Atasi Virus Corona Dibongkar Prabowo, Pantesan China Khawatir

Pemerintah China yang menanyakan peralatan apa yang dibutuhkan oleh Indonesia untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

istimewa
Alasan China Bantu Indonesia Atasi Virus Corona Dibongkar Prabowo, Pantesan China Khawatir 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah China memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada negara Indonesia untuk menangani kasus Virus Corona.

Bantuan tersebut sudah diterima oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto bersama Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Dilansir TribunWow.com dari tayangan Youtube KompasTV, Prabowo mengatakan sudah ada 12 ton APD yang dikirimkan oleh pemerintah China untuk Indonesia.

//

Bantuan tersebut juga akan langsung disebarkan untuk rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam tayangan YouTube Kompas TV, Senin (23/3/2020).
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam tayangan YouTube Kompas TV, Senin (23/3/2020). (YouTube KompasTV)

Prabowo mengaku sebelumnya sudah berkomunikasi langsung dengan Menteri Pertahanan China terkait kerja sama berupa penyedian bantuan tersebut.

Bahkan, menurut Prabowo pemerintah China yang menanyakan peralatan apa yang dibutuhkan oleh Indonesia untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

"Segera didistribusikan kepada rumah sakit-rumah sakit, 12 ton APD-nya," ujar Prabowo.

"Saya sendiri sudah dapat komunikasi dari Menteri Pertahanan Tiongkok (China), Beliau menanyakan kebutuhan kita apa," jelasnya.

//
// <\/scr"+"ipt>"); // ]]>

"Saya sudah kirim daftar, enggak tahu berapa yang akan dipenuhi."

Menurutnya, bantuan yang diberikan oleh China merupakan wujud dari kerja sama internasional dari kedua negara yang merupakan negara sahabat.

Apalagi, saat ini di China sendiri sudah berhasil mengatasi penyebaran Virus Corona dari yang sebelumnya merupakan negara dengan jumlah kasus terbanyak di dunia.

Oleh karena itu, Prabowo menyebut China merasa khawatir dengan Indonesia supaya tidak seperti yang dialami oleh mereka.

"Ya ini lah bentuk kerja sama internasional antara banyak negara sahabat kita saling mendukung, kita saling membantu," ungkap Prabowo.

"Mereka punya pengalaman, mereka sudah mengalami yang dahsyat, mereka sudah atasi. Mereka sekarang membagi bantuan kepada banyak negara, mereka khawatir kepada kita ya sudah kita sambut baik." pungkasnya.

Jokowi Sebut Klorokuin Produksi Indonesia: Bukan Obat First Line Virus Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan obat jenis klorokuin merupakan hasil dari produksi Indonesia.

Dilansir TribunWow.com dari tayangan Youtube KompasTV, Senin (23/3/2020), menurut Jokowi, klorokuin merupakan buatan dalam negeri yang merupakan hasil produksi dari Kimia Farma.

Klorokuin disebut-sebut sebagai obat untuk penyembuhan pasien Virus Corona.

"Klorokuin ini adalah produksi negara kita, produksi Indonesia, produksi Kimia Farma," ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewakili pemerintah dan juga rakyat Indonesia mengucapkan duka cita dan bela sungkawa yang mendalam untuk para tenaga medis yang gugur saat menangani pasien Virus Corona.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan obat jenis klorokuin merupakan hasil dari produksi Indonesia.(Youtube/KompasTV)

 

Meski begitu, Jokowi menegaskan bahwa klorokuin bukanlah obat utama untuk Covid-19, melainkan hanya second line.

Dirinya mengatakan hingga saat ini untuk obat utama Virus Corona memang belum ada dan belum ditemukan, termasuk juga obat pencegahannya.

Meski begitu, klorokuin sudah terbukti ampuh untuk penyembuhan pasien positif Virus Corona, karena sebelumnya sudah digunakan oleh beberapa negara yang juga menghadapi pandemi Covid-19.

"Klorokuin ini adalah bukan obat first line, tetapi second line, karena memang obat Covid-19 ini belum ada dan juga belum ada anti virusnya," ucap Jokowi.

"Tetapi dari pengalaman beberapa negara klorokuin ini sudah bisa digunakan dan banyak pasien coivid-19 yang sembuh dan membaik kondisinya," sambungnya.

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia itu menjelaskan jika klorokuin bukan obat sembarangan yang bisa dikonsumsi atau dibeli oleh siapapun.

Menurutnya, klorokuin ini harus melalui resep dari dokter dan hanya khusus untuk pasien yang sudah dinyatakan positif Corona.

Dirinya mengatakan untuk saat ini, pemerintah sudah menyiapkan 3 juta stok klorokuin untuk penyembuhan pasien positif Corona di Indonesia.

"Obat ini bukan obat bukan bebas, jadi penggunaanya harus melalui resep dokter," tegasnya.

"Pemerintah telah memiliki stok klorokuin ini 3 juta," katanya.

"Jadi untuk pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit jika dianggap dokter yang merawatnya klorokuin ini cocok untuk pasien tersebut pasti akan diberikan," pungkasnya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Prabowo Subianto Beberkan Alasan China Memberikan Bantuan APD 12 Ton untuk Penanganan Virus Corona.

 
Editor: Guruh Budi Wibowo
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved