Cegah Penyebaran Virus Corona di Riau

Cerita Indra Yovi Dokter Menangani Pasien Covid-19 di RSUD AA : Doakan Kami dan Jangan Keluar Rumah

Ada dua persoalan yang dihadapi mereka saat ini keterbatasan APD sebagai perlindungan menangani pasien dan persoalan keterbatasan untuk cek darah

Cerita Indra Yovi Dokter Menangani Pasien Covid-19 di RSUD AA : Doakan Kami dan Jangan Keluar Rumah
istimewa
Aktivitas dokter dan perawat yang menangani pasien covid-19 di RSUD Arifin Achmad 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - dr Indra Yovi, Sp.P (K) menjadi juru bicara soal wabah covid-19 di Riau.

Indra Yovi merupakan dokter yang ditunjuk Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad (RSUD-AA) untuk memimpin misi tugas penanganan pasien suspek covid-19 di RS tersebut.

Ketua Persatuan dokter TBC Riau ini ternyata sudah memprediksi wabah covid-19 ini akan menjadi besar sejak pertama kali menghebohkan Wuhan China saat itu.

Sehingga Anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia ini juga menjadi orang yang pertama menyampaikan kekhawatiran itu kepada Direktur Utama RSUD AA.

Saat itu, ia menemui Dirut dan menyampaikan harus ada persiapan di Riau.

"4 Januari mulai di Wuhan saya langsung temui pak Dirut, dari pertemuan dengan pak Dir saya berpikir ini akan menjadi luar biasa, penyebaran dari orang ke orang terjadi, saya langsung temui pak Dir lagi dan pak Dir meminta agar dilakukan persiapan,"ujar Indra Yovi mulai bercerita dengan tribunpekanbaru.com Minggu (22/3/2020).

Karena saat itu masih kasusnya di Wuhan, namun pihaknya di Riau sudah bergerak dengan melalukan penunjukan gugus tugas langsung dibuat SK ruang Pinere oleh Direktur Utama saat itu.

"Waktu itu belum ada di Riau rumah sakit yang menangani itu. Saya ditunjuk jadi ketua tim. Dibuat alur seandainya ada kejadian sesuatu ini yang harus dilakukan,"ujar Indra Yovi.

Selanjutnya dibentuk semua termasuk tim perawat yang jumlahnya 12 orang, karena bagaimanapun juga kata Indra Yovi perawat menjadi ujung tombak utama, 24 jam bertemu dengan pasien.

Baru pada bulan Februari lanjut Indra Yovi mulai heboh dan saat itu, mereka langsung menemui Gubernur, dan Gubernur apresiasi meskipin sebenarnya sempat tertinggal pergerakan.

Halaman
1234
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved