Cegah Penyebaran Covid 19

Mulai Hari Ini, Wisma Atlet di DKI Jakarta Dijadikan Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19

Hari ini pemerintah mulai mengopersikan Wisma Atlet di Kemayoran, DKI Jakarta sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). RS Darurat ini secara resmi hari ini sudah mulai beroperasi. 

Mulai Hari Ini, Wisma Atlet di DKI Jakarta Dijadikan Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19

TRIBUNPEKANBARU.COM - Hari ini pemerintah mulai mengopersikan Wisma Atlet di Kemayoran, DKI Jakarta sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19.

Presiden Joko Widodo meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 yang disiapkan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020) pagi.

Dari siaran langsung Kompas TV, Jokowi tiba di lobi RS pukul 09.00 WIB. Ia langsung disambut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan sejumlah pejabat lainnya.

Presiden langsung memantau sejumlah titik di rumah sakit darurat itu, mulai dari ruang instalasi gawat darurat sampai ke kamar isolasi pasien.

Wisma Atlete yang dijadikan Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19, sudah dapat beroperasi mulai hari ini.

Dalam siaran pers BNPB yang Tribunpekanbaru.com terima Senin siang disebutkan dalam empat hari Wisma Atlet yang pernah digunakan saat perhelatan Asian Games “disulap” menjadi rumah sakit.

Hal ini adalah hasil kerjasama berbagai pihak, termasuk swasta. BUMN akan mensuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini, baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker, serta jaringan telekomunikasi hingga 500 MB.

"Sarana-sarana lain terus dilengkapi, Rumah Sakit ini dapat menampung kurang lebih 2.500 pasien dan tentunya akan diklasifikasi, mana yang harus masuk di ruang isolasi dan ruang observasi," sebut Kapusdatinkom BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya.

Ada beberapa gedung yang sudah di-upgrade menjadi tempat perawatan pasien Covid-19, di antaranya ada empat gedung. Khusus gedung atau Tower 6 dan 7 dilengkapi peralatan seperti laboratorium dan ruang radiologi, ruang isolasi (ICU maupun non ICU) untuk merawat pasien Corona.

Halaman
123
Penulis: Ilham Yafiz
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved