Cegah Penyebaran Covid 19

NEWS VIDEO: Pada Gubernur, Buapti Haris Sebut 80 Warga Pelalawan Isolasi Mandiri

Harris membeberkan, ada 80 warga pelalawan yang menjalani obervasi mandiri lantaran baru pulang kunjungan dari negara dan daerah pandemi Covid-19

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN- Bupati Pelalawan Riau, HM Harris, bersama unsur Forkopimda menggelar telekonfrence dengan Gubernur Riau Syamsuar, di ruang kerjanya pada Senin (23/3/2020).

Bupati Harris yang juga didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyampaikan data terkait penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Pelalawan. Termasuk langkah antisipasi dan penanganan yang telah dilakukan pemda Pelalawan melalui gugus tugas yang telah dibentuk.

"Posko kesehatan telah dibuka baik di rumah sakit, puskesmas, hingga ke tingkat paling rendah. Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini," ungkap Bupati Harris.

Harris membeberkan, ada 80 warga pelalawan yang menjalani obervasi mandiri lantaran baru pulang kunjungan dari negara dan daerah pandemi Covid-19.

Adapun warga yang menjalani isolasi mandiri yakni di Kecamatan Pangkalan Kerinci satu orang yang baru pulang dari Thailand.

Di Kecamatan Ukui ada 37 orang isolasi mandiri lantaran baru kembali dari Hongkong, Jawa Tengah, dan Bekasi.

Sedangkan di Kuala Kampar terdapat 31 orang yang baru pulang dari Malaysia dan Singapura.

Selanjutnya di Kecamatan Kerumutan terdapat enam orang yang kembali dari Jakarta dan Jogjakarta .

Terakhir di Kecamatan Pangkalan Kuras ada lima warga yang baru pulang dari Malaysia. Sedangkan warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada tiga orang.

"Untuk warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada empat orang yang dirawat di sejumlah rumah sakit," tandasnya.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Pelalawan, Asril M.Kes menyebutkan, sebanyak 80 warga yang diisolasi mandiri tampak sehat dan tidak menunjukan gejala sama sekali setelah tiba di Pelalawan. Namun perlu dilakukan observasi selama 14 hari melihat perkembangan kondisi kesehatannya.

Untuk PDP, lanjut Asril, dua orang dirawat di Rumah Sakit (RS) Efarina, satu orang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad, dan satu lagi di RS Awal Bross Pekanbaru. Secara umum kondisi kesehatan keempat PDP ini mulai membaik dari gejala demam, batuk, dan flu yang dialaminya.

"Warga Pelalawan yang PDP di RSUD Rafian Kabupaten Siak telah dipindahkan ke RS Efarina Pangkalan Kerinci. Tadi malam dijemput, untuk mendapatkan perawatan yang lebih memadai," imbuh Asril.

Gugus tugas terus memantau perkembangan masyarakat yang diisolasi, OPD, dan PDP melalui komunikasi dengan yang bersangkutan maupun keluarganya. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved