Bekerja Sama dengan Pemko Pekanbaru, PCR Kembangkan Sistem Informasi Pemantauan Sebaran Covid-19

Pemerintah Kota Pekanbaru bekerja sama dengan Politeknik Caltex Riau dalam mengembangkan sistem informasi pemantauan dan pemetaan kasus Covid-19

Bekerja Sama dengan Pemko Pekanbaru, PCR Kembangkan Sistem Informasi Pemantauan Sebaran Covid-19
istimewa
Tampilan sistem informasi pemantauan dan pemetaan kasus Covid-19 warga Pekanbaru 

Bekerja Sama dengan Pemko Pekanbaru, PCR Kembangkan Sistem Informasi Pemantauan Sebaran Covid-19

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru bekerja sama dengan Politeknik Caltex Riau dalam mengembangkan sistem informasi pemantauan dan pemetaan kasus Covid-19 warga Pekanbaru.

Sistem ini dikembangkan dengan melibatkan beberapa OPD di lingkungan pemerintah kota Pekanbaru, diantaranya Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik.

Sistem ini didesain dan dirancang oleh Tim Riset Data Engineering Politeknik Caltex Riau. Tim tersebut beranggotakan Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng., Ardianto Wibowo, S.Kom., M.T., Muhammad Mahrus Zain, S.S.T., M.T.I., Satria Perdana Arifin, S.T., M.T.I., Adil Wicaksana dan Alhadi Budianto (mahasiswa magang tahun akhir).

Ketua Tim Riset Data Engineering PCR, Muhammad Ihsan Zul mengatakan bahwa sistem ini dibuat untuk memberikan informasi terkait data sebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru.

Data yang dicatat adalah warga Pekanbaru yang didapat dari laporan fasilitas kesehatan ke Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

“Purwarupa sistem dibuat kurang dari 2 hari oleh Tim Riset Data Engineering PCR. Kami memerlukan waktu 5 hari agar sistem ini dapat dipublikasikan. Sistem dapat menampilkan data sebaran Covid-19 berdasarkan status, status dan penanganan, sebaran berdasarkan kecamatan, umur, daftar rumah sakit rujukan serta informasi-informasi lainnya terkait pencegahan Covid-19. Bagi Pemerintah kota, data yang disajikan lebih detil dalam bentuk Sistem Informasi Geografis yang dapat dilihat hingga kelurahan. Hak akses memang dibatasi sesuai dengan arahan pemko pada saat pertemuan di Diskominfotik Kota Pekanbaru” ujarnya

Ihsan juga mengungkapkan bahwa sistem ini merupakan salah satu bentuk realisasi kerja sama antara Politeknik Caltex Riau dengan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Pengembangan ini didukung oleh Kepala Balitbang Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi dengan mengkomunikasikan kepada OPD-OPD terkait, seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik.

“Pada bulan Januari kita melakukan penandatanganan MoU antara PCR dan Pemko Pekanbaru. Pada pertengahan Maret kami menawarkan pengembangan dashboard pemantauan Covid-19 kepada Badan Penelitian dan Pegembangan Kota Pekanbaru untuk membantu pemerintah kota dalam memantau kondisi Covid-19,” ungkap Ihsan yang saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Pemasaran, Kerja Sama dan Alumni.

Sementara itu, Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc memberikan apresisasi kepada seluruh Tim Riset Data Engineering PCR.

“Selamat kepada Tim yang turut membantu Pemerintah Kota Pekanbaru untuk menampilkan data terkait sebaran dan informasi tentang Covid-19 di Pekanbaru agar bisa dilihat untuk umum”, ujarnya

Dadang juga berharap semoga sistem ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dan informasi yang diberikan bisa membuat kita semua lebih waspada dan terus berupaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru. (rls)

Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved