China Siap Bantu Indonesia Tangani COVID-19, Prabowo: China Menanyakan Kebutuhan Kita Apa

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan pemerintah China menyatakan kesiapannya membantu Indonesia menangani pandemi Covid-19.

Puspen TNI/Puspen TNI
Puspen TNI/Puspen TNI Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad tiba di Bandara Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (5/2/2020). Menhan dan Menkes didampingi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, untuk melihat secara langsung perkembangan 238 WNI dari Wuhan, China, yang transit observasi di Hangar UAV Lanud Raden Sadjad Ranai. 

Dalam keterangan resminya, perwakilan Xiamen Airlines menuturkan bahwa mereka sudah mendapat permintaan dari Pemerintah Indonesia.

Dua hari setelah menerima permintaan itu, Xiamen langsung berkoordinasi dengan otoritas terkait di China untuk menyiapkannya.

===

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan pemerintah China menyatakan kesiapannya membantu Indonesia menangani pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020).
Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (Kompas / Heru Sri Kumoro)

"Saya sendiri sudah (ber)komunikasi istilahnya dengan Menteri Pertahanan RRT (China). Beliau menanyakan kebutuhan kita apa. Saya sudah kirim daftar. Enggak tahu berapa yang akan dipenuhi," kata Prabowo usai meninjau logistik tersebut di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Ia mengatakan sudah selayaknya antarnegara di dunia saling membantu dalam menghadapi wabah Covid-19.

Terlebih, kata Prabowo, China yang sempat menjadi epicentrum Covid-19, kini sudah melewati badai dahsyat itu. 

"Ya inilah bentuk kerja sama internasional. Antara banyak negara sahabat. Kita saling mendukung. Kita saling membantu," ujar Prabowo.

"Mereka punya pengalaman. Mereka sudah hadapi yang dahsyat di awal. Pengalaman itu mereka sudah atasi. Dan sekarang mereka membagi bantuan ke banyak negara. Mereka tawarkan kepada kita, kita sambut dengan baik," lanjut Prabowo.

Para Medis: Kami Butuh APD Covid-19, Gubri Syamsuar: Sulit Didapatkan, Wabup Inhu Akui APD Kurang
Para Medis: Kami Butuh APD Covid-19, Gubri Syamsuar: Sulit Didapatkan, Wabup Inhu Akui APD Kurang (Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution)

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta Panglima TNI mengerahkan pesawat dengan nomor ekor A-1333 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur itu untuk mengambil logistik untuk penanganan Covid-19 di China.

Halaman
123
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved