Kasus Virus Corona di Riau

Gubernur Riau Syamsuar Ungkap Penyebab ODP Covid-19 Naik Tajam di Riau hingga Capai 1.823 Orang

Orang Dalam Pengawasan atau ODP Covid-19 naik tajam di Riau yang mencapai 1.823 orang diduga kuat karena banyaknya warga Riau dari Malaysia

Gubernur Riau Syamsuar Ungkap Penyebab ODP Covid-19 Naik Tajam di Riau hingga Capai 1.823 Orang
Tribun Pekanbaru/Kompas.com/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Gubernur Riau Syamsuar Ungkap Penyebab ODP Covid-19 Naik Tajam di Riau hingga Capai 1.823 Orang 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Orang Dalam Pengawasan atau ODP Covid-19 naik tajam di Riau yang mencapai 1.823 orang diduga kuat karena banyaknya warga Riau baru pulang dari Malaysia.

Letak geografis Provinsi Riau yang berbatasan langsung dengan Malaysia memang menjadi tantangan tersendiri bagi Riau dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Bannyaknya warga Riau di Malaysia yang kemudian kembali ke daerah asalnya di Riau pasca diberlakukan sistem lockdown di negara tersebut, membuat jumlah ODP di Riau meningkat tajam.

Bukan tanpa alasan, hasil tracking atau penelusuran yang dilakukan dinas kesehatan, sebagian besar pasien suspek corona di Riau merupakan warga Riau yang memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia.

Bahkan satu orang warga Riau yang sudah positif Covid-19 juga baru pulang dari Malaysia.

Gubernur Riau Syamsuar, Selasa (24/3/2020) mengatakan dengan kembalinya warga Riau yang bekerja di Malaysia maka berdampak terhadap tingginya angka kasus ODP Riau.

Namun pihaknya tidak bisa berbuat banyak, sebab Pemprov Riau tidak bisa melarang warganya yang akan pulang ke Riau dari Malaysia.

"Pasien yang dirawat di rumah sakit itu pada umumnya memang riwayat perjalanannya dari malaysia. Kita pun tidak bisa juga melarang warga kita yang bekerja di Malaysia yang mau pulang ke kampung halamannya. Jadi peningkatan ODP di Riau ini disebabkan karena banyaknya warga Riau yang bekerja di Malaysia sekarang mereka kembali ke kampung halamannya di Riau," kata Syamsuar.

Pihaknya tidak ingin mengambil resiko, sehingga seluruh warga Riau yang baru tiba di Riau dari Malaysia langsung ditetapkan sebagai OPD.

Tujuanya agar warga tersebut bisa mengisolasi diri di rumah dan bisa dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan.

Halaman
1234
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved