Video Pembuatan Hand Sanitizer Gel Lidah Buaya dengan Campuran Alkohol 95 Persen Viral di Twitter

Yang menjadi catatan adalah sebagian besar bahan hand sanitizer menggunaka bahan kimia yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing

Video Pembuatan Hand Sanitizer Gel Lidah Buaya dengan Campuran Alkohol 90 Persen Viral di Twitter

Viral di twitter menampilkan video pembuatan hand sanitizer menggunakan gel lidah buaya dengan campuran alkohol berkonsentrasi 95 persen dan 96 persen viral di media sosial Twitter pada Senin (23/3/2020).

Dalam video juga disebutkan, bahan-bahan yang diperlukan ketika membuat hand sanitizer sendiri yakni alkohol harus lebih banyak dari gel lidah buaya.

Adapun video yang beredar merupakan rekaman dari akun TikTok Dinda Safay, @dindasafay dan diunggah di Twitter oleh akun @rdvlvtcakes.

Penjelasan LIPI Menanggapi adanya video viral itu, Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Joddy Arya Laksmono menjelaskan, tidak disarankan untuk membuat hand sanitizer menggunakan alkohol dengan konsentrasi di atas 70 persen.
Menurutnya, hal tersebut dapat menyebabkan iritasi bagi kulit.
"Untuk alkohol yang digunakan sesuai standar Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah yang memiliki konsentrasi minimal 70 persen dan ditambahkan ke dalam campuran hand sanitizer juga dengan komposisi 70 persen," ujar Joddy saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (25/3/2020).
"Penggunaan alkohol dengan konsentrasi lebih dari 70 persen tidak disarankan, karena ada kemungkinan akan menimbulkan iritasi pada kulit," lanjut dia.
Sementara itu, pembuatan hand sanitizer sendiri sah dilakukan selama pembuat menggunakan bahan-bahan yang sesuai dan termasuk kategori bahan farmasi/kosmetik.
"Takaran dan konsentrasi bahan-bahan yang digunakan mesti disesuaikan dengan anjuran untuk penggunaan hand sanitizer," katanya lagi.
Namun, ia mengimbau agar masyarakat yang ingin membuat hand sanitizer sendiri perlu cermat dengan komposisi dari campuran bahan tersebut.
Yang menjadi catatan adalah sebagian besar bahan hand sanitizer menggunaka bahan kimia yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.
"Fungsi dari hand sanitizer adalah meminimalisir bahkan membunuh kuman yang menempel pada tangan atau lengan.
Hal yang paling mendasar adalah kulit setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang sensitif, ada yang tahan terhadap paparan bahan-bahan kimia," terang Joddy.

Bahan yang perlu diperhatikan

Kendati demikian, dalam pembuatan hand sanitizer hendaknya perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1. Bahan-bahan yang digunakan apakah sesuai dengan bahan farmasi/kosmetik.

2. Komposisi bahan agar sesuai dengan yang dianjurkan sebagai hand sanitizer.

3. Alkohol yang digunakan hendaknya memiliki standar food grade.

Ini penting, karena biasanya mayoritas orang Indonesia menggunakan hand sanitizer utuk kebersihan tangan sebelum memakan makanan.

Joddy mengungkapkan, penggunaan alkohol non-food grade tidak disarankan mengingat di dalamnya masih terkandung senyawa-senyawa kimia lainnya yang tidak sesuai dengan stadar food grade.

Halaman
12
Editor: didik ahmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved