Ada 32.000 Kasus Baru Penderita TB di Riau

Setiap 24 Maret, diperingati sebagai hari tuberkulosis sedunia. Peringatan ataupun sebenarnya bertujuan mengingatkan kita

Ada 32.000 Kasus Baru Penderita TB di Riau
istimewa
dr Indra Yovi, Sp.P (K), dokter spesialis paru, anggota PDPI (perhimpunan dokter paru Indonesia) cabang Riau) 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Setiap 24 Maret, diperingati sebagai hari tuberkulosis sedunia.

Peringatan ataupun sebenarnya bertujuan mengingatkan kita semua tentang bagaimana pentingnya bersama-sama seiring sejalan mengeliminasi tuberkulosis terutama di Indonesia dan khususnya di Riau.

Jumlah penderita tuberkulosis setiap tahun bertambah dengan cepat.

Tahun 2019 saja angka kasus baru di Indonesia mencapai 847.000 kasus, di provinsi Riau kurang lebih 32.000 kasus baru.

Kita juga berhadapan dengan bertambahnya angka TB RO (TB Resisten Obat), yang pengobatan dan manajemen tatalaksana lebih kompleks.

Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan kuman Mycobacterium Tuberkulosis yang bisa menyerang banyak organ tubuh, terutama paru.

Penyakit ini adalah penyakit yang dapat ditularkan dari manusia ke manusia (human transmision), sehingga strategi utama pemberantasan TB didasari dari penemuan kasus secepatnya, obati dengan regimen standar dan dilakukan terus-menerus sampai tuntas sembuh.

Etika batuk yang baik, kesadaran mencuci tangan merupakan faktor-faktor yang akan menentukan keberhasilan perjuangan kita bersama menuju Indonesia bebas TB tahun 2030.

Dukungan kita bersama, motivasi terus-menerus terhadap pasien-pasien TB yang menjalani pengobatan merupakan faktor psikologis yang penting dalam menjaga keberlangsungan pengobatan pasien.

Dukungan ini harus dimulai dari keluarga terdekat, teman, dokter dan perawat yang setiap hari berinteraksi dengan pasien.

Stigma negatif adalah penghambat kemauan dan kepatuhan pasien TB dalam menjalani pengobatan yang relatif lama.

Bersama-sama, bahu-membahu kita akan bisa melewati badai Corona in dan selanjutnya kita juga bersama-sama berjuang menuntaskan permasalahan TB di negara dan negeri kita yang tercinta ini.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved