Update Data Kasus Covid 19

Pintu Masuk Pemulangan WNI dari Malaysia, 61 TKI dari Malaysia Tiba di Dumai, Banyak Tujuan Sumut

Sejumlah WNI asal Kepulauan Meranti diindikasi masih banyak yang berada di Malaysia hingga saat ini, kepulangan mereka ke kampung halaman terkendala

Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Pintu Masuk Pemulangan WNI dari Malaysia, 61 TKI dari Malaysia Tiba di Dumai, Banyak Tujuan Sumut. Foto: TKI dari Malaysia sampai di Dumai dan sedang makan siang. 

TRIBUPEKANBARU.COM, MERANTI - Sejumlah WNI asal Kepulauan Meranti diindikasi masih banyak yang berada di Malaysia hingga saat ini, kepulangan mereka ke kampung halaman terkendala.

Hal ini terjadi karena perpanjangan lockdown yang diberlakukan di negeri Jiran tersebut, bahkan sejumlah warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia mengaku kelimpungan untuk kembali ke tanah air.

Kondisi itu imbas lockdown oleh pemerintah Malaysia sejak 18 Maret 2020, selain itu kebijakan social distancing juga dilakukan, tidak satu pun angkutan umum beroperasi di Malaysia.

Seorang warga Kepulauan Meranti sebelumnya mengaku kelimpungan mencari keberadaan angkutan umum untuk menuju ke pelabuhan.

Menanggapi hal tersebut Bupati Kepulauan Meranti mengaku bahwa hal tersebut di luar dari kewenangan pemerintah daerah.

Dirinya mengatakan bahwa saat ini jalur pemulangan WNI dari Malaysia tetap dibuka melalui Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepri dan Dumai provinsi Riau.

"Dari Panglima TNI dan pak Kapolri bahwa untuk pintu masuk untuk pemulangan TKI ada dua yang pertama tanjung Balai Karimun, yang kedua di Dumai," Ujar Bupati sesaat sebelum melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat di Selatpanjang Jumat (27/3/2020).

Dikatakan Bupati alasan dibuatnya Tanjung Balai Karimun ditetapkan sebagai pintu masuk adalah karena daerah yang perbatasan Riau dan Kepulauan Riau.

"Kemudian juga Karimun ini juga banyak ditemukan kasus suspect Covid 19, sehingga mudah dimobilisasi ke Pulau Galang," ujar Irwan.

Walaupun demikian dengan jumlah yang terlalu banyak, maka pintu masuk kembali dibuka di Dumai.

Halaman
1234
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved