Penanggulangan Covid 19

BREAKING NEWS: Sidak di Terminal BRPS, Fraksi Demokrat Temukan 1 ODP Asal Kalimantan

Guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19 dari luar Riau, Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar bersama Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau Agung Nugroho

TRIBUN PEKANBARU / RINO SYAHRIL
Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar bersama Ketua Fraksi Demokrat Agung Nugroho Sidak ke Terminal Bandaraya Payung Sekaki (BRPS). 

TRIBUNPEKANBARU.COM PEKANBARU - Guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19 dari luar Riau, Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar bersama Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau Agung Nugroho SE melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Terminal Type A Bandaraya Payung Sekaki (BRPS).

Saat sidak itu, Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Type A Bandaraya Payung Sekaki, Henry Tambunan menyampaikan ditemukan seorang penumpang asal Kalimantan Tengah yang mengeluhkan sakit mirip gejala terinfeksi virus corona atau ODP.

Menurut cerita Henry Tambunan penumpang tersebut mengalami sesak nafas, mata memerah dan demam panas. Karena mirip terinfeksi Covid 19 Henry menghubungi Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

Tapi 2 jam ditunggu pihak Dinas Kesehatan Pekanbaru belum kunjung datang.  

“Penumpangnya sudah kami asingkan. Untuk menjaga-jaga. Orang Diskes Pekanbaru kami hubungi ga datang-datang sampai sekarang. Kami khawatir juga kan Pak,” ujar Henry.

Mendapat informasi itu rombongan langsung mengecek kondisi penumpang tersebut, dari kejauahan. Mendapti aduan itu, Agung langsung menelpon Kadiskes Provinsi Riau agar segera menurunkan tim memeriksa kondisi penumpang tersebut.

“Ini kan bahaya. Tadi saya langsung telpon Kadiskes Provinsi, beliau berjanji segera menurunkan tim. Kepada petugas terminal, saya ucapkan terimakasih karena sudah langsung mengambil langkah dengan melakukam evakuasi,” ucap Agung.

Untuk itu Agung minta, bila ada penumpang ataupun masyarakat yang menunjukan gejala mirip terinfeksi corona, pihak Diskes harusnya sigap.

Bahkan bila perlu langsung di bawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan. Mengingat pandemi corona sudah mengkhawatirkan.

“Saya terus terang kecewa dengan Diskes Pekanbaru. Kepada Walikota saya minta beri peringatan keras kepada anak buahnya. Jangan sampai ini terjadi lagi,” ungkap Agung.

Saat sidak itu, Partai Demokrat Pekanbaru juga memasang 1 unit tempat cuci tangan yang lengkap dengan tanki air dan hand sanitizernya di terminal BRPS, Pekanbaru, Sabtu (28/3/2020).

Terkait hal itu Sekretaris Dinas Kesehatan Pekanbaru dr Zaini Bob saat dikonfirmasi Tribun membenarkan dirinya mendapat laporan tersebut dari pihak Termibal Bandaraya Payung Sekaki.

"Tapi karena saya lagi rapat dengan Kadis dan Direktur RS Madani, makanya saya perintahka Kabid Pelayanan Kesehatan untuk menindak lanjutinya, sebab mengenai rujukan itu merupakan tupoksinya Kabid Yankes," ujar Zaini Bob kepada Tribun.

Bahkan kata Zaini, hal itu juga sudah dilaporkan ke Kadiskes. "Informasi dari Kabid dan Kepala Puskesmas Payung Sekaki petugas sudah datang menjemput dan informasinya penumpang itu langsung dibawa ke RS Petala Bumi," ucap Zaini Bob.

( Tribunpekanbaru.com / Rino Syahril )

Penulis: Rino Syahril
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved