Penanggulangan Covid 19

ODP Paling Banyak di Riau, Pemkab Kampar Imbau Kades Kelola Dana Desa Untuk Antisipasi Corona

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar mengeluarkan Surat Edaran untuk jajaran pemerintahan desa dalam rangka menghadapi Covid 19.

corona.riau.go.id
Peta informasi Virus Corona, Covid-19 di Riau, Sabtu (28/3/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar mengeluarkan Surat Edaran untuk jajaran pemerintahan desa dalam rangka menghadapi Covid 19.

Kabupaten Kampar saat ini memiliki jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terbanyak dibandingkan Kabupaten/Kota lainnya di Riau.

Total per Sabtu (28/3/2020) kemarin jumlah ODP di kampar mencapai 1588 orang. 

Pemkab Kampar mencoba untuk mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di sana, kendati hingga saat ini belum ada kasus positif di kampar.

Pemkab Kampar mengambil kebijakan pembinaan dan pengendalian Dana Desa tahun anggaran 2020 untuk pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan pencegahan Covid-19.

Surat ini dikeluarkan dalam rangka menanggapi kondisi saat ini yang berfokus melawan penyebaran wabah Covid 19.

Dalam surat edaran yang resmi dikeluarkan Jumat (27/3) tersebut Pemkab Kampar meminta pemerintahan desa di Kabupaten Kampar untuk memprioritaskan penggunaan dana desa untuk percepatan penanganan dan pencegahan wabah Covid 19.

Khusus penganggaran Dana Desa pada bidang penanggulangan bancana, keadaan darurat dan mendesak Desa yang dianggarkan sebesar Rp 100 juta per tahun, mekanisme penganggaran, pelaksanaan dan belanja mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 57.

Sementara bagi desa yang telah dan akan menerima penyaluran Dana Desa tahap dihimbau dapat membiayai Program Pencegahan Penyebaran Covid 19.

Selain itu pemerintah desa juga diinstruksikan untuk membentuk Relawan Desa Lawan Covid 19, ini nantinya bertugas melakukan edukasi serta sosialisasi Covid 19, melakukan pendataan penduduk rentan sakit, melakukan identifikasi fasilitas yang bisa dijadikan ruang isolasi, melakukan penyemprotan desinfektan serta mempersiapkan alat deteksi dini Covid 19 dan Alat Perlindungan Diri (APD).

Halaman
12
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved