Video: Cucu Bisa Menjadi Pembawa Covid-19 Bagi Usia Lanjut

Wabah Virus Corona sangat berdampak pada kelompok lanjut usia. Kematian akibat virus corona atau covid-19 banyak terjadi pada usia di atas 50 tahun.

TRIBUNPEKANBARU.COM- Wabah Virus Corona sangat berdampak pada kelompok lanjut usia. Kematian akibat virus corona atau covid-19 banyak terjadi pada usia di atas 50 tahun.

Hal ini disebabkan pada usia tersebut mempunyai daya tahan tubuh minim dan ditambah dengan komplikasi penyakit yang dibawanya.

Pada kelompok usia yang lebih muda mempunyai ketahanan tubuh yang lebih baik terhadap virus tersebut dan mampu melawan Covid-19 dengan antibodi yang ada di tubunya tetapi bisa menjadi pembawa virus kelompok usia lanjut.

Ketua Aliansi Telemedika Indonesia (Atensi) Purnawan, menjelaskan, kelompok usia lanjut biasanya memang tidak banyak keluar rumah. Namun, terdapat tiga sumber penularan virus tersebut untuk kelompok usia lanjut yang sering dilupakan, seperti barang yang diterima secara daring (dalam jaringan), lalu uang kertas dan logam, dan yang paling sulit itu bermain dengan cucu.

“Kalau sudah kakek nenek itu kan lebih rentan, kalau cucu itu biasanya tahan tetapi jadi pembawa virus. Jadi, sementara harus hati-hati saat bermain dengan cucu,” kata Purnawan pada konferensi pers di Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Purnawan menjelaskan, barang-barang yang sering dibeli kelompok usia lanjut tidak pernah diperiksa proses perpindahan barang dari tangan ke tangan. Jadi kelompok ini harus lebih waspada dengan barang-barang yang dibeli, terutama barang daring. “Harus memperlakukan barang dengan berpikir ini menjadi wadah perpindahan virus,” ujarnya.

Uang kertas maupun logam juga bisa menjadi wadah perpindahan virus. Menurut Purnawan, kelompok usia lanjut sering menyimpan uang kertas dan logam, di situasi seperti ini uang harus disimpan di tempat khusus bahkan bisa menggunakan plastik saat memegangnya.

Dalam kondisi pandemi, lanjut Purnawan, kelompok lanjut usia harus sering berjemur di antara pukul 09.00 WIB pagi sampai 15.00 WIB. Berjemur bisa dilakukan selama 15 menit, hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas, bukan membunuh virus.

“Setiap hari olah raga selama 30 menit, olah raga apa saja yang bisa dilakukan di dalam rumah atau di halaman rumah,” kata Purnawan yang saat ini sudah berusia 67 tahun.

Menurut Purnawan, kelompok usia muda memang harus menjaga jarak. Namun, mereka juga harus lebih memperhatikan kondisi kelompok usia lanjut khususnya yang ada di lingkungan rumah. Salah satunya dengan memberikan informasi tentang Covid-19 melalui cara yang baik.

“Jangan menimbulkan kecemasan, karena dari kecemasan akan mengganggu kesehatan baik mental maupun fisik,” ungkap Purnawan.(*)

Editor: aidil wardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved