Virus Corona di Riau

46 TKI yang Balik dari Malaysia Akibat Lockdown Dipulangkan ke Kampung Halaman Mereka, Ini Daerahnya

46 TKI yang tiba di Dumai ini, sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan dan telah memiliki kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card (HAC)

Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
46 TKI yang Balik dari Malaysia Akibat Lockdown Dipulangkan ke Kampung Halaman Mereka, Ini Daerahnya. Pintu Masuk Pemulangan WNI dari Malaysia, 61 TKI dari Malaysia Tiba di Dumai, Banyak Tujuan Sumut 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Sebanyak 46 tenaga kerja indonesia (TKI) dan Warga Negara Indonesia (WNI), dari Malaysia tiba di tanah Air, melalui pelabuhan domestik Bandar Sri Junjungan ‎(BSJ) pada Senin (30/3/2020) sore.

46 TKI yang tiba di Dumai ini, sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan dan telah memiliki kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card (HAC) dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dari Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

Sebanyak 46 TKI dari Malaysia tersebut datang menggunakan kapal cepat Dumai Line dan Batam Jet.

Sebelum berada di Pelabuhan domestik Bandar Sri Junjungan, 46 TKI ini diperiksa kembali oleh KKP Dumai guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 meskipun telah memiliki Kartu HAC dari KKP Tanjung Balai Karimun.

Setelah diperiksa dan tidak ada yang suhu tubuhnya 38 derajat, ke 46 TKI tersebut dikumpulkan di pintu kedatangan pelabuhan Sri Junjungan, untuk di ‎lakukan seterilisasi mengunakan alat autometic antiseptic chamber polres Dumai.

Bukan hanya itu saja, ke 46 TKI dan WNI yang baru tiba di Pelabuhan tersebut juga diberikan sosialisasi, sekaligus pembagian daerah untuk pemulangan secara langsung ke kampung halaman.

Setelah diberikan sosialisasi dan pemahaman tentang Covid 19, TKI dan WNI dai Malaysia tersebut langsung dipulangkan ke kampung halaman menggunakan transportasi yang telah disediakan oleh Dinas perhubungan Provinsi Riau.

‎Dari 46 TKI tersebut, ada Tujuh orang merupakan warga Dumai, yang selanjutnya akan diberikan pemahaman penyebaran Covid-19, dan langsung masuk dalam kategori orang dalam pengawasan (ODP).

Tercatat sebanyak 46 TKI yang turun ke Dumai hanya 7 orang warga Dumai, lainnya warga Sumatera Utara 15 orang, Sumbar 4 orang, Rohil 6 orang, Kampar 5 orang, dan Kampar 5 orang.‎

Sebelumnya, Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudisthira, mengungkapkan, kepulangan TKI dan WNI dari Malaysia berjalan lancar sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan untuk mencegah masuknya virus Corona atau COVID-19 ke Indonesia dan Dumai khususnya.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved