Virus Corona di Riau

Imbas Corona, Mulai Selasa Besok Kejaksaan Kuansing Riau Sidang Online

Mulai Selasa besok (31/3/2020), Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing akan mulai menggelar sidang secara video conference (Vicon) atau sidang online.

TRIBUN PEKANBARU / PALTI SIAHAAN
Kasi Pidum Kejari Kuansing, Syamsul Sitinjak SH 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KUANSING - Mulai Selasa besok (31/3/2020), Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing akan mulai menggelar sidang secara video conference (Vicon) atau sidang online.

Kebijakan Ini dilakukan untuk antisipasi penyebaran virus corona.

"Mulai Selasa besok kita sidang Vicon," kata Kepala Kajari Kuansing Hadiman SH MH melalui Kasi Pidum Syamsul Sitinjak SH, Senin (30/3/2020).

Pada pekan lalu, pihaknya sendiri sudah berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri (PN) Teluk Kuantan dan juga Lapas Teluk Kuantan. Selain itu pemasangan perangkat untuk menunjang persidangan online ini juga sudah dilakukan.

"Pemasangan perangkat sudah kita lakukan. Bahkan sudah ujicoba dan hasilnya bagus," kata Syamsul.

Ia pun yakin persidangan online di Kuansing yang akan dimulai Selasa besok akan berjalan lancar. Sebab persiapan sudah dikakukan sejak pekan lalu.

Diterangkannya, sidang online ini melibatkan beberapa pihak. Selain kejaksaan, juga pihak Lapas, kepolisian dan tentunya PN Teluk Kuantan.

Kejaksaan sebagai JPU akan melakukan tugasnya dari kantor kejaksaan. Para hakim di PN Teluk Kuantan. Sedangkan terdakwa berada di Lapas Teluk Kuantan.

"Terdakwa dan penasehat hukum berada di Lapas," terangnya.

Persidangan pidana di PN Teluk Kuantan sendiri biasanya digelar Selasa dan Rabu. Pada Kamis dan Jumat, biasanya sidang perdata.

Persidangan online ini sendiri sudah banyak diterapkan sejak pekan lalu. Persidangan online dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang sudah jadi Pandemi.

( Tribunpekanbaru.com / Palti Siahaan ) 

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved