Virus Corona di Riau

Akhirnya, Pemprov Riau Minta Bantu Unand Uji Sampel Pasien Suspek Corona di Riau

Selama ini Riau melakukan tes swab ke Kemenkes RI di Jakarta untuk memastikan uji sampel pasien suspek Covi-19.

Dokumentasi Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar saat meninjau Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test atau alat pendeteksi cepat untuk penanganan virus Corona (Covid-19), di Gedung UPT Instalansi Farmasi dan Logistik Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau Sabtu, (28/03). Sebanyak 6.800 rapid test dan 2.000 paket Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis yang menangani pasien corona di Riau sudah sampai di Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Selama ini Riau melakukan tes swab ke Kemenkes RI di Jakarta untuk memastikan uji sampel pasien suspek Covi-19.

Setelah sekian lama berlangsung proses tersebut, akhirnya Pemprov Riau menyadari jika uji sab suspek Covid-19 terlalu lama jika dilakukan ke laboratorium Kemenkes.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akhirnya meminta bantuan Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat untuk menguji sampel pasien suspek corona di Riau.

Hal ini dilakukan karena tidak ada pilihan lain jika ingin cepat mengetahui hasil uji swab selain beralih dari Lab Kemenkes yang membutuhkan waktu lama.

Selain itu, Provinsi Riau belum memiliki laboratorium sendiri yang bisa digunakan untuk menguji dan meneliti sampel swab pasien suspek corona.

"Provinsi tetangga kita di Sumatera Barat tepatnya di Unand itukan meteka sudah bisa tes di labor sendiri. Makanya kita juga minta izin tes di sana. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Jakarta lagi kalau tes," kata Gubernur Riau, Syamsuar, Selasa (31/3/2020).

Namun untuk bisa mengirimkan sampel uji swab ke Unand, Pemprov Riau tidak hanya cukup meminta izin dari pihak Kampus atau pemerintah Provinsi Sumatera Barat saja.

Pemprov Riau juga harus mengajukan izin ke Kemenkes untuk bisa menguji sampel pasien suspek corona di Riau ke Unand.

Selama ini Pemprov Riau mengirimkan sampel swab pasien suspek corona ke Balitbangkes, Kementrian Kesehatan di Jakarta. Sehingga butuh waktu lama untuk bisa mengetahui hasilnya.

Selain meminta mengajukan bantuan untuk melakukan uji sampel ke Unand, Pemprov Riau juga terus berjuang ke Kemenkes agar bisa segera memberikan izin untuk Riau bisa menguji sampel pasien suspek corona sendiri, tanpa harus ke Jakarta.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved