AKHIRNYA! Setelah Virus Corona Menginfeksi 1.528 Orang, Kemenkum HAM Larang WNA Masuk ke Indonesia

Larangan tersebut diaturdalam Peraturan Menkumham Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia

KOMPAS.com
AKHIRNYA! Setelah Virus Corona Menginfeksi 1.528 Orang, Kemenkum HAM Larang WNA Masuk ke Indonesia 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Hingga saat ini, Selasa (31/3/2020) warga yang positif Covid-19 di Indonesia mencapai 1.528 orang.

Sedangkan angka kematian masih lebih tinggi ketimbang jumlah pasien yang sembuh. 

Angka kematina mencapai 136 orang, sedangkan yang sembuh hanya 81 orang.

Virus Corona awalnya terjadi di Kota Wuhan, China dan menggemparkan dunia di awal tahun 2020.

Tanpa disadari oleh siapapun, virus tersebut akhirnya masuk ke Indonesia melalui WN Jepang yang leluasa masuk ke Indonesia. 

WN Jepang tersebut menularkan virus Corona tersebut ke sejumlah warga Indonesia saat acara pesta dansa di Jakarta hingga akhirnya menyebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Pasien Virus Corona di Indonesia dipimpong RS rujukan hingga meninggal
Pasien Virus Corona di Indonesia dipimpong RS rujukan hingga meninggal (Tribun Video)

Setelah menginfeksi 1.528 orang dan merenggut 136 orang selama hampir dua bulan mewabah di Indonesia, akhirnya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menerbitkan larangan bagi warga negara asing ( WNA) untuk masuk ke wilayah Indonesia dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

Plt Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Jhoni Ginting menyatakan, larangan itu berlaku mulai Jumat (2/4/2020) mendatang pada pukul 00.00 WIB.

"Peraturan ini akan diberlakukan mulai tanggal 02 April 2020, pukul 00.00 WIB sampai dengan masa pandemi COVID-19 berakhir yang dinyatakan oleh instansi berwenang," kata Jhoni dalam telekonferensi, Rabu (31/3/2020).

Larangan tersebut diaturdalam Peraturan Menkumham Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia.

Halaman
12
Editor: Guruh Budi Wibowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved