Virus Corona di Riau

Rutan Dumai Tutup Akses Kunjungan, Sediakan Ini Jika Keluarga Mau Berhubungan

Demi menjaga agar penyebaraan Covid-19 di lingkungan Rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Dumai, akses kunjungan di Rutan ditutup sementara

TRIBUN PEKANBARU / DONNY Kusuma Putra
Fasilitas dan perangkat untuk Video Call disediakan Rutan Dumai untuk keluarga warga rutan yang ingin berkunjung. Ini dilakukan sebagai langkah antisipatif penyebaran Virus Covid-19. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Demi menjaga agar penyebaraan Covid-19 di lingkungan Rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Dumai, akses kunjungan di Rutan ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Rutan Kelas II B Dumai, Yusup Gunawan, mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya telah menutup akses kunjungan di Rutan ‎kelas II B Dumai, guna mencegah penyebaraan Covid-19.

Lebih lanjut dijelaskanya, meski telah menutup akses kujungan di rutan, namun warga binaan tetap bisa ‎berkomunikasi dengan keluarga di luar menggunakan akses video call yang telah disiapkan oleh pihaknya.

Ia menambahakan, ada dua alat video call yang telah disiapkan oleh pihaknya untuk warga binaan yang hendak berhubungan bersama keluarganya, sehingga warga binaan tetap bisa menjaga silaturahmi dengan pihak keluarga.

"Jadi vidio call‎ ini tidak dipungut biaya, dalam artian gratis jadi warga binaan bisa menggunakan tempat vidio call dengan sebaik mungkin untuk bersilaturahmi dengan keluarga," katanya, Selasa (31/3/2020)

Bukan hanya itu saja, tambahnya, selain menyediakan fasilitas vidio call pihaknya juga telah menyiapkan tempat penitipan barang bagi anggota keluarga yang ingin memberikan barang kepada warga binaan.

"Tentunya barang-barang ini akan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan, sebelum diberikan kepada warga binaan," sebutnya.

S‎elain menyediakan fasilitas video call, Yusup juga melakukan langkah lainnya dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini, ‎dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di setiap kamar yang ada di Rutan kelas II B Dumai.

Diakuinya, untuk penyemprotan disinfektan sudah dilakukan sebanyak 4 kali, baik itu dilakukan oleh Pemko Dumai, Polres Dumai, dan LSM dan lainnya.

"Kita berharap dengan langkah-langkah yang telah dilakukan ini, bisa benar-benar mencegah masuknya covid 19 di Rutan Dumai, karena Rutan sangat rentan jika sudah ada satu saja yang terinfeksi maka akan banyak yang kena, semoga saja tidak ada. Hingga saat ini alhamdulilah aman," sebutnya.

‎Tidak hanya menerima kunjungan, Yusup mengaku, bahwa pihaknya juga tidak menerima penitipan tahanan untuk saat ini, baik dari polres maupun lainya, mengingat pencegahaan penyebaran Covid 19.

"Kita berupaya semaksimal mungkin agar warga binaan di sini tetap aman dan sehat," pungkasnya.

( Tribunpekanbaru.com / donny kusuma putra )

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved