Virus Corona di Riau

STORY - Kisah Masuri Olah Daun Sirih Jadi Hand Sanitizer, Sudah 400 L Dibagikan Gratis ke Masyarakat

Ide bermula dari pengetahuannya manfaat daun sirih sebagai antiseptik alami yang sudah dikenal sejak lama. Masuri dan rekan membuat hand sanitizer.

Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Masuri dan Suprianto memperlihatkan Proses Pembuatan Hand sanitaizer alami berbahan sirih. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Di tengah wabah Virus Corona (Covid 19) melanda saat ini, mencuci tangan sudah menjadi kewajiban agar terhindar dari sebaran virus.

Bahkan pemerintah menyarankan masyarakat untuk selalu membawa cairan pencuci tangan atau hand sanitizer disetiap aktifitas kegiatan di luar rumah.

Hanya saja, ketersedian hand sanitizer mulai langka sejak merebaknya penyebaran virus ini.

Termasuk di Bengkalis, hampir setiap toko sudah tidak ada ketersediaannya. 

Sulitnya didapat cairan pencuci tangan ini, membuat Masuri Ketua Umum Paguyuban Keluarga Masyarakat Jawa (PKMJ) Bengkalis memikirkan solusi untuk mendapatkan hand sanitizer.

Berbekal ilmu dimilikinya dari orangtua dahulu membuka pikirannya untuk membuat hand sanitizer alami secara mandiri tanpa bahan alkohol. 

Ide ini bermula dari pengetahuannya manfaat daun sirih sebagai antiseptik alami yang sudah dikenal sejak lama.

Tanpa Alkohol, Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Alami dari Daun Sirih untuk Tangkal Corona

Kemudian bersama beberapa orang rekannya satu Paguyuban mencoba meramu bahan untuk membuat hand sanitazer sendiri dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya.

"Ada beberapa bahan yang kita kenal sebagai antiseptik alami diantaranya daun sirih, serai wangi dan jeruk nipis. Dari bahan Inilah kami olah menjadi handsanitizer," ungkap Masuri saat ditemui tribunpekanbaru.com di tempat pembuatannya.

Untuk pengolahan awal mereka belajar dari beberapa sumber yang di dapat. Dimana bahan ini dilarutkan dengan air kemudian dipanaskan, Masuri menunjuk Suprianto rekannya menjadi ketua pengelola pembuatan hand sanitizer ini. 

Halaman
123
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved