Virus Corona di Riau

Cabor Atletik: Kami Tetap Latihan Mandiri Demi Persiapan PON Papua

Himbauan KONI Riau, kepada semua atlet yang lolos PON Papua menggelar latihan mandiri, ternyata dilaksanakan.

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Persiapan PON Papua di tengah wabah Covid-19 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Himbauan KONI Riau, kepada semua atlet yang lolos PON Papua menggelar latihan mandiri, ternyata dilaksanakan.

Seperti yang dilakukan cabor atletik. Pelatih cabor Atletik Riau Hasnor NS menegaskan, bahwa atlet-atlet atletik tetap mengelar latihan setiap hari.

"Kita latihan setiap hari secara mandiri. Baik itu atlet PON maupun atlet PPLP dan PPLM," sebut Hasnor saat berbincang dengan Tribunpekanbaru.com, Selasa (31/3/2020).

Bagaimana sistem latihannya? Dijelaskannya, para atlet memang diinstruksikan melaksanakan latihan mandiri. Namun atlet tetap meminta pendampingan saat latihan. Alasannya, agar latihan terarah dan sesuai dengan program yang sudah berjalan.

"Saya secara pribadi mau mendampingi. Tapi tetap jaga jarak sesuai anjuran pemerintah. Kepada seluruh atlet juga kita tekan kan ini. Sehingga benar-benar mencegah virus Corona yang mematikan ini," kata Hasnor lagi.

Untuk durasi latihan, masih kata Hasnor, akan disesuaikan dengan kebutuhan. Yang pasti, dengan kondisi wabah virus Corona covid-19, para atlet tetap latihan, untuk menjaga kondisi, agar stamina tidak kedodoran.

"Kalau atlet ini kan tidak bisa libur latihan. Apalagi dalam kondisi lama, down staminanya. Sementara sekarang kan program latihan atlet sudah masuk persiapan untuk tanding. Jika libur lama, mengembalikan stamina atlet yang sekarang ini, sulit," tegasnya.

Kenapa ini dilakukan? "Kami tetap latihan mandiri demi persiapan PON Papua," akunya.

KONI Riau sudah menetapkan, akan menggelar Pelatda atau TC Berjalan atlet Riau yang akan bertanding di PON XX di Papua Oktober mendatang. Namun karena kondisi penyebaran virus corona Covid-19 semakin mengkhawatirkan, KONI Riau menegaskan, akan melihat situasi terakhir hingga akhir Maret ini.

"Kita tunggu instruksi pemerintah (Pemprov Riau) untuk TC Berjalan ini. Memang program awal kita, TC Berjalan digelar mulai awal April nanti. Karena situasi Corona ini, kita kaji ulang lagi," tegas Ketua KONI Riau Emrizal Pakis.

Ya, langkah KONI Riau sangat berhati-hati mengambil keputusan harus diapresiasi. Sebab, KONI harus memastikan menghindari, agar atlet yang lolos PON XX tidak terdampak akibat virus tersebut.

Emrizal menegaskan lagi, program KONI Riau, yang sudah diputuskan mulai 1 April, masih menunggu petunjuk Gubernur Riau serta pihak terkait lainnya. Karenanya, KONI mengambil langkah terbaik, sehingga tidak memaksakan atlet lolos PON, melaksanakan TC di saat wabah covid-19.

KONI Riau memastikan tidak ingin, atlet yang sudah lolos berakibat gagal tampil pada PON XX Papua, karena Covid 19.

Makanya, sesuai instruksi dari KONI Pusat seluruh atlet diminta untuk tetap melaksanakan latihan mandiri di rumah.

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi ) 

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved