Rapid Test di Riau

Paramedis dan ODP Jadi Prioritas Rapid Test, Ini Data Terbaru Covid-19 di Pelalawan Riau

Tim gugus tugas penanganan dan pencegahan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Pelalawan Riau berencana menggelar rapid test mulai hari ini.

DOKUMENTASI TRIBUN PEKANBARU / JOHANES WOWOR TANJUNG
Bupati Pelalawan HM Harris meninjau ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Tim gugus tugas penanganan dan pencegahan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Pelalawan Riau berencana menggelar rapid test mulai hari ini, Rabu (1/4/2020).

Pemkab Pelalawan menerima bantuan alat rapid test dari Pemerintah Provinsi Riau sebanyak 100.

Berdasarkan hasil kesepakatan tim gugus tugas, sebanyak 40 alat akan didistribusikan ke rumah sakit sedangkan 60 lagi diserahkan ke masing-masing Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Tim juga telah menimpang pihak-pihak yang menjadi prioritas dilakukan pemeriksaan kesehatan itu.

"Prioritas yang akan kita test yakni paramedis yang bekerja di ruang isolasi dan merawat pasien," tutur juru bocara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pelalawan, Asril M.Kes, kepada tribunpekanbaru.com, Rabu (1/4/2020).

Selain petugas kesehatan, lanjut Asril, warga yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga akan ditest, sambi menunggu hasil pemeriksaan swap dari laboratorium Kemenkes.

Kemudian warga dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang gejalanya sidikit lebih parah dibanding yang lain juga akan menjalani rapid test.

Asril menerangkan, data terbaru terkait virus corona di Pelalawan terdapat tujuh orang PDP dan empat diantaranya telah sehat dan pulang ke rumah. 

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar saat  meninjau Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test atau alat pendeteksi cepat untuk penanganan virus Corona (Covid-19), di Gedung UPT Instalansi Farmasi dan Logistik Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau Sabtu, (28/03). Sebanyak 6.800 rapid test dan 2.000 paket Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis yang menangani pasien corona di Riau sudah sampai di Riau.
Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar saat meninjau Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test atau alat pendeteksi cepat untuk penanganan virus Corona (Covid-19), di Gedung UPT Instalansi Farmasi dan Logistik Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau Sabtu, (28/03). Sebanyak 6.800 rapid test dan 2.000 paket Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis yang menangani pasien corona di Riau sudah sampai di Riau. (Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir)

Sedangkan tiga orang lain masih menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah sakit.

Dua di antaranya merupakan suami istri yang memiliki riwayat perjalanan dari negara bertransmisi Covid-19.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved