Rapid Test di Riau

Hasil Rapid Test Enam Petugas Kesehatan di Pelalawan Negatif Covid-19, ODP Kembali Meningkat

Tim gugus tugas penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) telah memulai pemeriksaan rapid test sejak Rabu (1/4/2020) lalu.

TRIBUN PEKANBARU / JOHANES WOWOR TANJUNG
Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Pelalawan, Asril M.Kes. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Tim gugus tugas penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) telah memulai pemeriksaan rapid test sejak Rabu (1/4/2020) lalu.

Rapid test dilakukan setelah menerima alatnya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Sebanyak enam orang petugas medis yang sudah menjalani pemeriksaan Covid-19 hari pertama. Keenam paramedis ini merupakan garda terdepan dalam penanganan dan pencegahan wabah virus corona di Pelalawan.

"Keenamnya dinyatakan negatif. Petugas medis ini yang rentan dan paling beresiko," tutur juru bicara gugu tugas Covid-19 Pelalawan, Asril M.Kes, kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (2/4/2020).

Paramedis ini tergabung dalam tim Public Service Centre (PSC) yang selama ini melakukan penjemputan dan merujuk warga yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baik yang sehat maupun yang sedang diisolasi.

Pemeriksaan selanjutnya akan dilaksanakan hari ini baik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih serta Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Sebanyak 100 alat rapid test telah diterima dari Pemprov Riau serta 50 set Alat Pelingung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan ini menuturkan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Pelalawan kembali meningkat menjadi 432 orang.

Didominasi warga yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dan Singapura hang pulang karena Lock Down di negara tersebut.

Pemantauan terus dilakukan oleh petugas kesehatan setempat terhadap ODP yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih tetap tujuh orang, empat diantaranya sudah pulang dan sehat serta dinyatakan negaif corona.

Tiga pasien lagi di rawat di Rumah Sakit Santa Maria Pekanbaru dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci.

Dua diantaranya merupakan suami istri yang baru pulang ibadah umrah dan satu lagi baru pulang dari Jakarta. Ketiganya sudah menunjukan gejala seperti batuk, flu, dan demam.

"Sampai sekarang di Pelalawan belum ada yang positif. Yang PDP masih menunggu hasil swap dari laboratorium Kemenkes," tandas Asril.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Penulis: johanes
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved