Berita Riau

Adat Mengunyah Sirih Talang Mamak di Riau Sementara Tak Dilakukan Akibat Pandemi Covid-19

ebelum acara adat digelar harus ada permisi dulu ke Batin, prosesnya dari warga Talang Mamak menjumpai ninik mamak, kemudian ninik mamak menemui ketua

.
Adat Mengunyah Sirih Talang Mamak di Riau Sementara Tak Dilakukan Akibat Pandemi Covid-19. Foto : Daun Sirih 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Suku Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) masih memegang teguh adat istiadat mereka dalam praktek di kehidupan sehari-hari.

Sebelum melakukan acara adat, para tokoh adat suku Talang Mamak berkumpul sambil berdialog mengenai acara adat yang akan diselenggarakan.

Dalam dialog itu, Batin berbicara sambil mengunyah sirih kemudian mengucapkan perjanjian.

Namun karena dampak pandemi Covid-19, syarat mengunyah sirih pada acara adat Talang Mamak menjadi tidak berlaku.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Inhu, Gilung.

"Sebelum acara adat digelar harus ada permisi dulu ke Batin, prosesnya dari warga Talang Mamak menjumpai ninik mamak, kemudian ninik mamak menemui ketua adat, ketua adat ke mangku, lalu mangku menyerahkan pesirihan ke batin," kata Gilung.

Dalam pesirihan yang diserahkan itu terdapat daun sirih, pinang, tembakau, gambir, dan kapur. Ketika batin sudah mengunyah sirih maka perjanjian dianggap sah.

"Apa yang sudah ditetapkan dengan perjanjian bersama para batin, tidak boleh dirubah. Apabila diubah, maka akan ada efek buruknya ke depan," ujar Gilung mengungkapkan tentang sakralnya sebuah perjanjian sebelum acara adat bagi Suku Talang Mamak.

Namun karena pandemi Covid-19 yang semakin meluas, pemerintah pusat hingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu beserta aparat berwenang mengimbau warga agar tidak menggelar acara yang mengumpulkan orang dalam jumlah besar.

Pembatasan itu juga berdampak pada ditundanya sejumlah acara adat Suku Talang Mamak.

Halaman
123
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved