Berita Riau

Warga Resah Ada Gajah Jantan Berkeliaran di Kelayang Riau, Diduga 10 hari Lepas dari Rombongan

Warga resah karena gajah berjenis kelamin jantan tersebut dikhawatirkan menyerang warga dan merusak perkebunan.

Tribun Pekanbaru/Istimewa/BBKSDA Riau
Ilustrasi gajah masuk pemukiman di Inhu Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Diduga lepas dari rombongan, seekor gajah liar di Riau berkeliaran di sekitar perkebunan warga di Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau.

Warga setempat resah karena gajah berjenis kelamin jantan tersebut dikhawatirkan menyerang warga dan merusak perkebunan, sebab hewan besar itu sudah masuk ke perkampungan.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pekan Heran, Zulkifli mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk menggiring gajah liar di Riau tersebut.

Warga yang pernah bertemu gajah liar tersebut mengatakan, gajah memasuki wilayah Sungai Kuning Binio dan Desa Simpang Kota Medan, Kecamatan Kelayang.

Gajah tersebut diperkirakan masuk dari arah Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Rimba Peranap Indah (RPI) melalui Dusun III Tanjung Beludu.

Riko, seorang warga mengatakan gajah liar tersebut diperkirakan sudah 10 hari masuk ke wilayah perkebunan warga di Kelayang.

Bahkan sejumlah tanaman sawit dan karet milik warga ditemukan rusak akibat dilintasi oleh gajah.

Warga berupaya melakukan penggiringan terhadap gajah liar tersebut agar keluar dari areal perkebunan dan wilayah pemukiman.

Selain itu warga resah semakin lama gajah tersebut di perkebunan warga, semakin banyak tanaman yang rusak.

Oleh karena itu warga berharap pemerintah melalui lembaga terkait segera turun menangani gajah liar tersebut.

Kepala BKSDA Resor Pekan Heran, Zulkifli berkata pihaknya sudah menurunkan tim ke lokasi gajah liar itu.

"Tim kita sudah dua hari di lapangan berupaya melakukan penggiringan, namun tampaknya gajah tersebut belum mau digiring," kata Zulkifli kepada Tribunpekanbaru.com

Ditambahkannya, gajah jantanitu terpisah dari rombongannya. "Gajah ini terpisah dari rombongannya, kemungkinan rombongannya berada di sekitar areal PT RPI yang berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Teso Nilo," kata Zulkifli. (Tribunpekanbaru.com/bynton simanungkalit)

Penulis: Nurul Qomariah
Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved