Atasi Virus Corona, Mendagri Tito Cetuskan Grand Strategi Nasional, Seperti Apa?

Tito mengatakan terdapat empat pilar strategi yang harus dilakukan secara bersamaan dalam menghadapiu pandemi corona di Indonesia.

Dokumentasi Istimewa via Kompas.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Mendagri Tito Karnavian di Pendopo, Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (17/3/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mencetuskan Grand Strategi Nasional untuk menghadapi Covid-19.

Menurutnya, persoalan Covid-19 sudah menyebar ke hampir semua wilayah di Indonesia dan berimbas ke berbagai sendi kehidupan sosial dan ekonomi.

"Pandemik Covid-19 sudah menjadi masalah nasional yang harus ditangani secara komprehensif dan terpadu," ujar Mendagri lewat keterangan Puspen Kemendagri, Senin (6/4/2020).

Tito mengatakan terdapat empat pilar strategi yang harus dilakukan secara bersamaan dalam menghadapiu pandemi corona di Indonesia.

Pertama adalah strategi pencegahan penularan Covid-19 itu sendiri.

Rusuh Saat Wabah Virus Corona, Warga Nasipit Ditembak Mati Aparat, Bermula Diminta Pakai Masker

PINJAM Motor untuk Pergi Beli Rokok, Tersangka Malah Jual Sepeda Motor Korban, Ini Kronologinya

Pertanyakan Perbedaan Data Pasien Corona DKI & Pusat, Karni Ilyas: Masa Nasional Lebih Kecil?

 

Kedua, menyangkut peningkatan sistem ketahanan tubuh, baik di tingkat indvidual maupun di tingkat komunitas masyarakat untuk menghadapi Virus Corona.

Ketiga, peningkatan kapasitas sistem kesehatan kita, baik di tingkat Pusat maupun di seluruh daerah di Indonesia.

Keempat, mengoptimalkan kapasitas produksi industri, khususnya di bidang kesehatan serta produksi kebutuhan dasar masyarakat termasuk ketahanan pangan.

Petani, peternak dan nelayan harus di proteksi agar mampu melipatgandakan produksi pangan.

Daftar Harga HP Samsung Bulan APRIL 2020, Banyak Perubahan Harga Hp Samsung, Cek Disini

Menkumham DIBULLY dI Medsos, Yasonna Laoly: Ampun Deh, Bahasanya Kasar, Berhalusinasi, Memprovokasi

"Keempat komponen strategi tersebut harus dilakukan secara bersamaan di atas langkah-langkah yang operasional," ujar Mendagri.

Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menurutnya dapat dikategorikan ke dalam strategi nomor satu, yaitu pencegahan penularan.

Penerapan strategi ini memiliki implikasi ke bidang lain, seperti sosial dan ekonomi sehingga harus direspon dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat termasuk pangan yang dicakup di dalam strategi keempat.

Di samping itu, untuk mencapai kapasitas sistem kesehatan seperti penyediaan Alat Perlindungan Diri (APD), kecukupan ventilator di rumah sakit rujukan serta alat kesehatan lainnya, maka dibutuhkan optimalisasi industri dalam negeri di bidang kesehatan.

"Sektor dunia usaha dan industri kesehatan perlu didorong untuk berproduksi mencukupi kebutuhan yang berhubungan dengan Covid-19," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul ‎‎Mendagri Cetuskan Grand Strategi Nasional Hadapi Covid-19, https://www.tribunnews.com/corona/2020/04/06/mendagri-cetuskan-grand-strategi-nasional-hadapi-covid-19.
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi

Editor: Firmauli Sihaloho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved