Riau Tanggap Darurat Covid 19

Legislator Pertanyakan Keberadaannya dalam Penanganan Covid-19, Ini Penjelasan Bupati Meranti

Seluruh sumberdaya dan kekuatan dikeluarkan untu mengatasi pandemi Covid 19, termasuk pemerintah daerah.

Tribun Pekanbaru/Kompas.com/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Ilustrasi Covid-19 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Seluruh sumberdaya dan kekuatan dikeluarkan untu mengatasi pandemi Covid 19, termasuk pemerintah daerah.

Namun penanganan Covid 19 di Kepulauan Meranti dikritisi oleh salah seorang tokoh masyarakat.

Tokoh Jawa Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil mengkritisi sikap kepala daerah dalam hal penanganan Covid-19 salah satunya adalah jarangnya Bupati berada di tempat.

"Ya bupati kita (H. Irwan) aja jarang berada di tempat dan untuk covid-19 seluruhnya di perintahkan kepada bawahannya," ungkap H. Adil minggu (5/4/2020).

Adil menilai sikap bupati Meranti berbeda dengan kepala daerah lain dalam penanggulangan Covid-19 dengan turun langsung memimpin penanganan Covid 19.

Bahkan dikatakannya untuk ketua Gugus Kepulauan Meranti juga bukan dipegang oleh Bupati sendiri.

Hal tersebut juga dikatakannya sesuai dengan arahan Kemendagri Tito Karnavian menginstruksikan agar Gubernur maupun Walikota dan Bupati langsung mengambil peran sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daerah. Jabatan itu tidak dapat didelegasikan kepada pejabat lain di daerah.

Meski demikian, politisi PKB yang juga Anggota DPRD Provinsi Riau Dapil V ini menyarankan agar Bupati Irwan bisa menahan diri dan dapat menetap untuk tidak keluar daerah selama ancaman wabah ini berlangsung.

"Kita tau Bupati sibuk di Kepri dan jarang berada di Meranti semua masyarakat pun tau itu. Namun tolong dong dalam situasi dan kondisi seperti ini tunjukan kredebilitas Bupati sebagai pilot daerah dalam menjaga dan memerangi virus covid-19 yang kini dalam keadaan gawat darurat di Meranti dan Indonesia pada umumnya," pungkasnya.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan yang berhasil dikonfirmasi terkait hal ini mengaku heran atas tudingan Anggota Komisi V DPRD Riau, Muhammad Adil yang menyatakan ia kurang kooperatif dalam penanganan penularan Covid-19.

Halaman
1234
Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved