Riau Tanggap Darurat Covid 19

Virus Corona Serang Ekonomi Riau, 25 Ribu Karyawan Kena PHK, Terima Bantuan Rp 600 Ribu per Bulan

Disnakertrans Provinsi Riau sudah menerima sebanyak 25.796 usulan calon penerima kartu Prakerja dari Pemerintah Pusat.

Prakerja.go.id
Ilustrasi Kartu Pra Kerja. Ribuan karyawan di Riau Terancam Kena PHK 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau sudah menerima sebanyak 25.796 usulan calon penerima kartu Prakerja dari Pemerintah Pusat.

Ribuan tenaga kerja tersebut sudah mendaftar melalui Disnaker Kabupaten Kota se Provinsi Riau.

Kepala Disnakertrans Riau, Jonli, Senin (6/4/2020) mengatakan, setelah menerima data tenaga kerja yang di PHK karena wabah virus corona, maka data tersebut akan diverifikasi dan dikirimkan ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI.

"Ini data pertama yang kita terima dari kabupaten/kota, dan pendaftaran secara online. Termasuk dari bidang pengawasan perusahaan dari Dasnaker, jadi kalau administrasinya lengkap dan benar, selanjutnya akan setujui oleh Kemenaker," kata Jonli.

Jonli mengatakan, untuk Provinsi Riau sendiri, mendapat jatah kartu pra kerja sebanyak 92.893 tenaga kerja yang dirumahkan. Sedangkan yang terdaftar sejauh ini baru 25.796 Orang masih terisa sebanyak 67.097 orang lagi yang belum melakukan pendaftaran.

Pihaknya masih memberikan kesempatan bagi tenaga kerja untuk pengajuan dari Kabupaten Kota, dan pendaftaran online, jika masih ada yang belum mendaftar.

"Kita kirimkan dulu berapa yang ada, kalau nanti masih ada yang mendaftar kita tampung lagi dan kita kirimkan lagi ke pusat. Jadi kategori orang yang menerima kartu Prakerja itu by name by addres, berusia diatas 18 tahun, dan kena PHK oleh perusahaan akibat pembatasan sosial covid-19. Data itu yang kita minta harus ada KTP dan nomor induk kependudukan, nomor handphone, dan emailnya, termasuk perusahaannya," katanya.

Setelah semua data pekerja diterima oleh Disnaker Kabupaten Kota, dilanjutkan dengan verifikasi oleh tim untuk memastikan apakah yang bersangkutan betul-betul di PHK, terhitung pada bulan Maret, saat ditetapkannya status pandemi covid-19.

“Jadi setelah datanya lengkap dan diverifikasi, barulah nanti diminta nomor rekening yang bersangkutan. Sesuai dengan orang perorang yang sudah diusulkan. Mereka nanti akan menerima bantuan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan ke depan dimulai pada bulan April ini," terangnya.

Berikut data usulan penerima kartu pra kerja se-Riau, Kabupaten Bengkalis 235 orang, Indragiri Hilir 743 orang, Pelalawan 396, Pekanbaru 2.597 orang, Indragiri Hulu 817 orang, Kampar 96 orang, Kuantan Singingi 118 orang. Kepulauan Meranti 102 orang, Kota Dumai (BLK) 1.330 orang, Rokan Hulu 3.141 orang, Siak Data gabung dengan Bidang Pengawasan (Perusahan) 1.824 orang, melaui online https://forms.gle/Fv4ERwziD5ksHJu9A, 9.276 orang, dari HILLSI Riau 5.121 orang. Sehingga total keseluruhan sebanyak 25.796 orang.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono )

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved