Virus Corona di Dumai

NEWS VIDEO: Sejumlah RT di Dumai Dirikan Posko Covid-19, Wako Sebar Alat Thermo Gun

Walikota Dumai, Zulkifli As bersama ‎Plt Kadis Kesahatan, Syahrilandi meninjau beberapa Posko Covid -19 di beberapa RT, Seperti RT. 01 Bumi Ayu

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- Untuk m‎emutus mata rantai Covid-19, beberapa Rukun tetangga (RT) di Kota Dumai, Mulai mendirikan Posko Covid-19 di pintu masuk komplek ataupun RT. 

Menanggapi hal tersebut, Walikota Dumai, Zulkifli As bersama ‎Plt Kadis Kesahatan, Syahrilandi meninjau beberapa Posko Covid -19 di beberapa RT, Seperti RT. 01 Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan, RT.03 dan 04, kelurahaan Buluh Kasap, kecamatan Dumai Timur, Perumahan BTN Asri dan lainnya. 

Pada tinjauan tersebut, Walikota Dumai, Zulkifli As berserta rombongan menyerahkan bantuan alat Thermo Gun dan masker kepada RT-RT yang telah mendirikan Posko untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, sekaligus mensosialisasikan bahaya Covid-19. 

Disela-sela tinjauan‎, Walikota Dumai, Zulkifli As mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahayanya Covid-19 dan langkah-langkah pencegahan Corona Virus Ini. 

Diakuinya, memang tanpa adanya peran dari masyarakat dan pemahaman bahaya covid -19 tentunya penyebaraan Covid-19 tidak akan berjalan lancar, dengan adanya pembuatan Poskountuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, maka penyebaran bisa segera teratasi. 

‎Lebihlanjutdijelaskanya, dengan pendirian posko dibeberapa RT yang ada di kota Dumai, tentunya masyarakat terutama RT mempunyai beban dalam pencegahan Covid-19, baik dari segi Sosialisasi maupun lainya. 

"Penjagaan di pintu masuk juga sangat bagus, apalagi menjelang bulan suci ramadhan ini akan banyak masyarakat yang pulang kampung, nah dengan adanya penjagaan ini, tentunya akan lebih maksimal dalam pengecekan. Kalau yang ada baru pulang dari luar daerah sampaikan untuk melakukan isolasi mandiri, jika sakit langsung laporkan ke tenaga medis kita," katanya, Kamis (9/4/2020). 

Menurutnya, dengan adanya bantuan Thermo Gun ini tentunya akan memaksimalkan proses pencegahan penyebaraan Covid 19 dari masyarakat yang baru pulang dari luar daerah. 

Dirinya berharap, masyarakat lebih menghidupkan pengawasan dilingkungannya masing-masing, dengan menghidupkan kembali Poskamblingnya, sehingga pencegahan Covid-19 ini benar-benar berjalan maksimal. 

"Kita berharap secara bertahap seluruh RT bisa mengaktifkan kembali Poskambling nya atau mendirikan posko covid, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Dumai," imbuhnya. 

Sementara, Camat Dumai Selatan, Yuda mengaku, untuk kecamatan Dumai Selatan, sudah ada beberapa RT yang mendirikan Posko Covid-19 dalam upaya memutus mata rantai Covid 19. 

"Nantinya di Posko tersebut, siapapun masyarakat yang lewat akan dilakukan pemeriksaan baik suhu tubuh, dan juga himbauan terkait bahaya covid-19," sebutnya. 

Dirinya juga akan menyarankan kepada Lurah dan RT untuk bersama-sama melawan covid-19, dengan mencegah penularan Covid-19 mulai dari lingkungan terdekat. 

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved