Siapakah Sosok Carmi, WNI yang akan Pulang ke Tanah Air setelah 31 Tahun Dinyatakan Hilang

Carmi yang merupakan wargan negara Indonesia yang dinyatakan hilang sejak 31 tahun yang lalu akan kembali ke Tanah AIr, Siapakah sosok Crami tersebut

Tribun Pekanbaru/Ibnu Mas'ud
FOTO EKSKLUSIF Kondisi Jamaah Umroh Asal Riau Saat Ini di Madinah Terkait Penghentian Visa Umroh 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA- Sebuah kabar mengejutkan datang dari Arab Saudi. Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang dinyatakan hilang sejak 31 tahun lalu akan kembali ke tanah air.

ia akan ikut rombongan WNI jemaahn umroh lainnya yang dipulangkan ke Indonesia setelah pemerintah Arab Saudi menutup sementara kegiatan ibadah umroh.

Siapakah sosok WNI yang ikut dalam rombongan tersebut.  Pastinya ia warga Jawa Barat yang bernama Carmi

"Di antara WNI yang dipulangkan, terdapat seorang WNI yang hilang selama 31 tahun, Carmi, pekerja migran asal Desa Bandengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat," kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel , Jumat (10/4/2020).

Nurilam Berharap Tetap Berangkat ke Tanah Suci untuk Jalani Ibadah Umroh di Bulan Ramadhan

Pengusaha Biro Travel Haji dan Umroh di Riau Mulai Rumahkan Karyawan Dampak Virus Corona or Covid-19

Irfan Hakim Beli Kafan dan Penutup Keranda Saat Umroh, Begini Pesannya Jika Meninggal Dunia

Petugas travel Muhibbah yang berada di Jalan Kartini Pekanbaru sedang memberikan penjelasan kepada calon jemaah umroh terkait kebijakan dari pemerintah Arab Saudi untuk menangguhkan sementara visa umroh dan wisata karena virus corona, Kamis (27/2/2020). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)
Petugas travel Muhibbah yang berada di Jalan Kartini Pekanbaru sedang memberikan penjelasan kepada calon jemaah umroh terkait kebijakan dari pemerintah Arab Saudi untuk menangguhkan sementara visa umroh dan wisata karena virus corona, Kamis (27/2/2020). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) (Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir)

Dkatakannya, Kedutaan Republik Indonesia ( KBRI) Riyadh, Arab Saudi memulangkan 97 warga negara Indonesia ( WNI) jemaah umrah dan petugas haji yang sempat tertahan di Arab Saudi karena kebijakan penghentian ibadah umrah sementara negara tersebut.

Tak dijelaskan secara rinci bagaimana Carmi akhirnya ditemukan dan ikut pulang ke kampung halaman bersama jemaah umroh dan petugas haji.

Sementara tentang keseluruhan WNI yang dipulangkan, Agus menjelaskan, awalnya jumlah jemaah umrah dan petugas haji yang akan dipulangkan sebanyak 1.226 orang.

Ini merujuk pada nota diplomatik dari Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi.

Namun, WNI yang mendaftar untuk dipulangkan hanya sebanyak 60 orang. KBRI pun melobi agar petugas haji dan seorang WNI yang sempat dinyatakan hilang turut dapat dipulangkan. Akhirnya, permohonan itu disetujui.

Penangguhan Umroh Sementara Akibat Virus Corona, Bagaimana Haji? Ini Penjelasan Wapres Maruf Amin

Meninggal Dunia Usai Umroh, Alami Gejala Sesak Nafas, Batuk & Pilek, Dokter:Belum Tentu Virus Corona

FOTO EKSKLUSIF Kondisi Jamaah Umroh Asal Riau Saat Ini di Madinah Terkait Penghentian Visa Umroh
FOTO EKSKLUSIF Kondisi Jamaah Umroh Asal Riau Saat Ini di Madinah Terkait Penghentian Visa Umroh (Tribun Pekanbaru/Ibnu Mas'ud)

"Berbagai pihak untuk bisa menerbangkan para WNI, khususnya mereka yang selama satu sampai tiga tahun berada di rumah singgah KBRI Riyadh sebanyak 97 orang, termasuk satu WNI yang pernah hilang selama 31 tahun," papar Agus.

Halaman
12
Editor: Budi Rahmat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved