Breaking News:

KABAR BAIK, Pemerintah Resmi Bebaskan Pajak PPN dan PPh untuk Penanggulangan Virus Corona

Pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penghasilan (PPh) resmi dibebaskan Pemerintah dalam rangka penanggulangan Corona Virus

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo di Istana Negara. 

Adapun pemerintah mengatur, insentif pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan tersebut hanya diberikan untuk masa pajak April 2020 hingga September 2020.

Artinya, insentif pajak ini berlaku enam bulan.

===

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penghasilan (PPh) resmi dibebaskan Pemerintah dalam rangka penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Beleid tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 28/PMK.03/2020 tentang Pemberian Fasilitas Pajak Terhadap Barang dan Jasa yang Diperlukan Dalam Rangka Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019. Aturan ini disahkan per tanggal 6 April 2020.

Secara harfiah, PMK 28/2020 menyebutkan bahwa insentif pajak digelontorkan untuk mendorong ketersediaan barang-barang seperti alat perlindungan diri dan obat-obatan yang diperlukan untuk menanggulangi wabah Covid-19.

Alhasil, PPN tidak dipungut atau dengan kata lain ditanggung pemerintah.

Pembebasan PPN diberikan kepada badan/instansi pemerintah, rumahsakit rujukan, dan pihak- pihak lain yang ditunjuk untuk membantu penanganan wabah Covid-19.

Dalam hal ini pemerintah tidak memungut PPN atas pemanfaatan barang impor dan jasa.

Adapun, barang-barang yang tidak dipungut 10% atas nilai barang tersebut antara lain obat-obatan, vaksin, peralatan laboratorium, peralatan pendeteksi, peralatan pelindung diri, peralatan untuk perawatan pasien, dan peralatan pendukung lainnya.

Sementara, jasa yang diperlukan dalam rangka penanganan Covid-19 sehingga tidak dikenakan PPN yakni jasa konstruksi, jasa konsultasi, teknik, dan manajemen, jasa persewaan, dan jasa pendukung lainnya.

Halaman
12
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved