Pilkada Riau 2020

Ketua KPU Riau Ilham Yasir: Anggaran Pilkada Serentak 2020 di Riau Belum Diotak-atik

Masih di KPU kabupaten/kota masing-masing, sudah dilock tinggal menunggu regulasi petunjuknya saja, masih tidak kami otak-atik," jelas Ilham Yasir

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Ketua KPU Riau Ilham Yasir: Anggaran Pilkada Serentak 2020 di Riau Belum Diotak-atik 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau Ilham Yasir mengatakan, sampai saat ini anggaran hibah untuk penyelenggaraan Pilkada di sembilan Kabupaten dan Kota di Riau masih utuh, belum diotak-atik ataupun dialihkan.

Pergeseran Pilkada menjadi 9 Desember 2020, soal ketersediaan anggaran penyelenggaraan tidak menjadi persoalan, karena anggarannya masih tersedia.

Rapat dengar pendapat antara KPU dan Komisi II DPR RI disepakati opsi penyelenggaran pilkada dilaksanakan 9 Desember dengan catatan bila kondisi wabah covid-19 sudah tuntas.

"Tapi opsinya dengan catatan, jika kondisi Covid-19 nya sudah segera reda, sepaling tidak saat KPU yang pilkada melanjutkan tahapan yang tertunda seperti pemutakhiran data pemilih, kondisi covidnya sudah tidak ada lagi," ujar Ilham Muhammad Yasir kepada tribunpekanbaru.com Kamis (16/4/2020).

Adanya usulan sebelumnya yang meminta agar anggaran penyelenggaraan Pilkada dialihkan ke penanganan covid-19, menurut Ilham itu baru usulan KPU untuk membantu solusi anggaran ke pemerintah.

"Sampai sekarang anggaran hibah pilkada masih di KPU kabupaten/kota masing-masing, sudah dilock tinggal menunggu regulasi petunjuknya saja, masih tidak kami otak-atik," jelas Ilham Yasir.

Ilham Muhammad Yasir juga menambahkan, dalam dengan komisi II kesepakatan kemarin, para pihak baik itu KPU dan Komisi II akan bertemu dan bahas kembali di komisi II jika memang tahapan sudah mulai bisa dilanjutkan kembali.

"Artinya semuanya masih menunggu, kalau soal anggaran juga siap tidak ada masalah,"ujar Ilham.

JADWAL Pencoblosan Pilkada Serentak 2020 Kata KPU Riau

KPU Pusat bersama Komisi II DPR RI menyepakati pelaksanaan pencoblosan Pilkada serentak dilakukan Desember 2020, saat ini tinggal menunggu dikeluarkan Peraturan Perundang-undangan (Perppu) terkait itu.

Halaman
1234
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved