Olahraga Lokal

Batas Entry By Name PON XX 19 April, KONI Riau Tunggu Data 3 Cabor Lagi

Dari 37 cabor yang akan diikuti Riau pada pesta multi event di Papua nanti, hanya tinggal 3 cabor yang belum menyerahkan data atletnya.

Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Jelang PON PAPUA 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - KONI Riau terus melengkapi data atlet, yang akan tampil pada PON XX.

Dari 37 cabor yang akan diikuti Riau pada pesta multi event di Papua nanti, hanya tinggal 3 cabor yang belum menyerahkan data atletnya.

Sementara batas entry by name yang ditetapkan PB PON, pada tanggal 19 April, hari ini. KONI Riau meminta, sebelum batas waktu 19 April tersebut, 3 cabor tersebut harus menyerahkannya.

"Ya, ada 3 cabor yang belum menyerahkan datanya. 3 cabor tersebut yakni taekwondo, anggar dan menembak," tegas Ketua KONI Riau Emrizal Pakis, Minggu (19/4/2020) kepada Tribunpekanbaru.com.

Dijelaskan, bahwa sebenarnya 3 cabor tersebut sudah berkoordinasi dengan KONI Riau, tentang ini. Namun pada pekan kemarin, data atlet tersebut, belum masuk ke bagian Binpres KONI Riau.

"Besok saya cek lagi, apakah sudah diserahkan data 3 cabor ini. Kita berharap, sudah diserahkan. Untuk diketahui, tahap pertama entry by name waktunya sudah habis, yakni 19 April. Akan ada tahap kedua," sebut Emrizal.

Lebih lanjut disampaikan, sesuai aturan awal dari PB PON, setelah tahap pertama ini, akan ada tahap kedua penyerahan data dan nama atlet. Pada tahap kedua ini nanti, tidak berlaku lagi jika ada penggantian nama dan nomor di cabor masing-masing.

"Jadi sudah final di tahap kedua. Makanya, kita akan fix kan data atlet kita, hingga batas akhir nantinya," sebutnya.

Sebelumnya, KONI Riau sudah melakukan pendataan dan verifikasi atlet Riau, yang dinyatakan lolos dan tampil di PON XX di Papua.

Meski kini jadwal pelaksanaan PON XX menunggu keputusan Presiden RI, pasca adanya kesepakatan Kemenpora dengan Komisi X DPR RI agar jadwal PON ditunda, namun KONI Riau tetap mempersiapkan administrasi atletnya.

Jumlah atlet Riau yang mendapat tiket lolos PON sebanyak 197 atlet dan 94 pelatih. Jumlah ini berdasarkan hasil kualifikasi Pra PON dan Kejurnas seri, yang dilakoni 37 cabor.

"Jumlah atlet ini sudah berubah. Hasil verifikasi kita dari 197 atlet kini menjadi 175 orang. Sementara untuk jumlah pelatihnya tetap 94 orang," tegas Ketua KONI Riau Emrizal Pakis.

Penyebab berkurangnya jumlah atlet Riau yang tampil di PON, satu penyebabnya, karena ada beberapa cabor yang kuota atletnya dikurangi PB cabornya.

Terkait adanya penundaan pelaksanaan PON XX, KONI Riau akan mengusulkan paling lambat pertengahan tahun 2021 mendatang. Jika memungkinkan, pelaksanaannya akhir tahun 2020 nanti.

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi )

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved