Breaking News:

Dampak Virus Corona di Riau

Dampak Virus Corona, 96 Pekerja Hotel dan Pusat Perbelanjaan di Pelalawan, Riau Dirumahkan

Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang telah menjadi pandemi global berimbas ke seluruh sektor pekerjaan, termasuk di Kabupaten Pelalawan Riau.

Penulis: johanes | Editor: Ilham Yafiz
freepik.com
Ilustrasi karyawan dirumahkan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang telah menjadi pandemi global berimbas ke seluruh sektor pekerjaan, termasuk di Kabupaten Pelalawan Riau.

Beberapa bidang usaha di Pelalawan khususnya Pangkalan Kerinci tak beroperasi sama sekali alias tutup selama pandemi corona.

Alhasil para pekerjanya dirumahkan dan tak bekerja lagi seperti biasa.

Berdasarkan pemberitahuan yang diterima Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pelalawan hotel hingga pusat perbelanjaan dan rumah makan sudah tidak buka lagi.

"Laporan yang kita terima hingga Minggu ini, ada beberapa hotel, rumah makan, dan perbelanjaan yang tutup serta merupakan karyawanya," tutur Kepala Disnaker Abdurrahman melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial, Iskandar, kepada tribunpekanbaru.com, Minggu (19/4/2020).

Iskandar menuturkan, adapun pekerja yang dirumahkan akibat Covid-19 yakni Kentuky Fried Chiken (KFC) atau PT Fast Food Indonesia di Pangkalan Kerinci sebanyak 13 orang.

PT Ramayana Lestari Sentosa atau pusat perbelanjaan Ramayana telah merumahkan 36 karyawannya.

Kemudian Hotel Dikaraya Pangkalan Kerinci menutup operasional dan merumahkan enam orang pekerjanya.

Selanjutnya Grand Hotel Pangkalan Kerinci juga telah berhenti beroperasi dan merumahkan 41 orang karyawannya.

Meski dirumahkan, kata Iskandar, gaji para pekerja itu dibayar perusahaan. Namun besarannya sesuai kesepakatan antara pengusaha dan pekerja lantaran kondisi bencana nonalam Covid-19.

"Untuk gaji atau sejenisnya dibayarkan berdasakarkan kesepakatan kedua pihak. Itu berlandaskan wabah corona ini. Sesuai laporan ke kami," tandasnya.

Disnaker akan terus melakukan pendataan terhadap tempat usaha maupun perusahaan yang menghentikan operasionalnya dan merumahkan karyawan.

Seperti fasilitas kesehatan, sektor industri, perkebunan, dan lainnya.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved