Breaking News:

Gubri Minta PSBB

VIDEO: Dumai Berpotensi jadi Zona Merah Covid-19 Kedua di Riau, Gebernur Desak Pemberlakuan PSBB

Pernyataan dr Wildan ini diperkuat dengan semakin bertambahnya angka kasus positif corona dan PDP di Riau. Bahkan hasil rapid test tertinggi kasus

Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARUKota Dumai berpotensi jadi episentrum kasus covid-19 terbesar di Riau. 

Hal itu diungkapkan Ahli epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan, M.Kes memprediksi Kota Dumai bakal menjadi episentrum kasus Covid-19 terbesar di Riau.

Saat ini jumlah kasus pasien positif covid-19 di Dumai sebanyak 6 kasus.

Bahkan kasus Covid-19 di Dumai bisa mengalahkan kota Pekanbaru sebagai Ibukota provinsi Riau, meskipun dari sisi jumlah penduduknya, Pekanbaru lebih banyak dan lebih padat jika dibandingkan Kota Dumai.

"Sekarang Dumai sudah mulai banyak (Kasus Covid-19), itu episentrum baru yang tidak ada hubungannya dengan Pekanbaru," kata dr Wildan yang juga ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Riau ini, Minggu (19/4/2020).

Pernyataan dr Wildan ini diperkuat dengan semakin bertambahnya angka kasus positif corona dan PDP di Riau.

Bahkan hasil rapid test tertinggi kasus positif juga terjadi di Kota Dumai.

"Kemarin kan hasil rapid test positif 15 orang, memang itu belum dikonfirmasi dengan PCR, tapi kalau kita ambil data 80 persen saja keakuratanya dari rapid test ini kan angkanya bisa 8 sampai 10 orang.

Jadi lama-lama Dumai itu bisa mengejar Pekanbaru, padahal penduduknya cuma lebih kurang 150 ribu jiwa tapi kasusnya banyak, Pekanbaru penduduknya 1 juta kan," urainya.

dr Wildan mengungkapkan, tingginya kasus Covid-19 di Dumai tidak terlepas dari letaknya yang berbatasan dengan sejumlah daerah dan negara terjangkit.

Ditambah lagi ada banyak pelabuhan yang bisa dijadikan sebagai pintu masuk orang ke Dumai. Sehingga sulit untuk diawasi.

"Untuk kasus di Dumai ini kontaknya lebih banyak dengan orang dari luar negeri. Karena Dumai ini kan daerah perbatasan yang punya banyak pelabuhan sebagai pintu masuk orang dari luar,

bisa dari Batam atau dari luar negeri bisa masuk melalui pelabuhan," ucapnya.

Melibat kondisi ini, pihaknya menilai Dumai menjadi salah satu daerah paling rawan terjadi penyebaran kasus Covid-19 di Riau.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved